Mengenal IJN Malaysia, Salah Satu Pusat Kesehatan Kardiovaskular dan Toraks Terbaik

Mengenal IJN Malaysia, Salah Satu Pusat Kesehatan Kardiovaskular dan Toraks Terbaik
Head of Anaesthetis and Intesive Care Department, Prof Dato Dr Suhaini Kadiman (Analisadaily/Reza Perdana)

Analisadaily.com, Kuala Lumpur - Rasa nyaman, bersih, serta kemudahan memperoleh informasi yang dibutuhkan, menjadi salah satu pengalaman yang dirasakan jika berkunjung atau sekadar datang untuk melakukan tindakan medis ke Institut Jantung Negara (IJN) Malaysia.

Hal itu yang dirasakan para peserta IJN Fam Trip beberapa waktu lalu. Selain itu, keramahtamahan serta pelayanan medis yang baik, turut menjadi kesan baik nan tak terlupakan bagi para peserta Fam Trip yang hadir dari berbagai daerah di Indonesia.

Berlokasi di Jalan Tun Razak, Kuala Lumpur, Malaysia, IJN didirikan pada 1 Agustus 1992 sebagai institusi spesialis jantung yang berkomitmen untuk memberikan standar terdepan dalam bidang kedokteran kardiovaskular dan toraks untuk pasien jantung dewasa dan anak. Sejak berdiri, IJN telah merawat lebih dari 4 juta pasien dan mendapat pengakuan sebagai salah satu Pusat Kesehatan Kardiovaskular dan Toraks terkemuka.

Saat ini IJN menyediakan layanan jantung lengkap, juga menampung sejumlah klinik perawatan jantung terkait. IJN dikelola oleh tim ahli jantung, ahli bedah, ahli anestesi, paramedis, dan staf pendukung klinis yang berpengalaman dan berkomitmen. Staf medis didukung penuh oleh teknologi modern yang memungkinkan IJN menangani kasus-kasus paling rumit.

Untuk memastikan IJN terus menjadi institusi jantung terkemuka di kawasan, terdapat sejumlah skema pelatihan dukungan yang berkelanjutan dan serangkaian kegiatan penelitian serta pengembangan. IJN juga mendapat kehormatan untuk berkolaborasi dengan lembaga medis internasional terkemuka seperti Rumah Sakit Papworth di Inggris dan Herz-und di Jerman, sehingga IJN dapat memperkenalkan teknik klinis modern.

Pada Kamis, 25 April 2024, Head of Anaesthetis and Intesive Care Department, Prof Dato Dr Suhaini Kadiman, IJN, menjelaskan, apa yang telah dicapai IJN saat ini tidak hanya dirasakan oleh internal, tetapi juga para pasien yang pernah dirawat, yang tidak hanya datang dari Malaysia sendiri, namun juga dari berbagai negara lain.

“Kita telah mencapai satu tahap di mana kualitas dan juga keberhasilan pembedahan dengan tahap yang sangat jeli. Sewajarnya, ini bisa diambil sebagai satu peluang oleh masyarakat luas, dan sekiranya ditakdirkan mengalami kondisi tersebut, maka bisa menjadikan IJN sebagai suatu pilihan yang pertama untuk datang melakukan perawatan,” ujarnya.

“Kita memastikan, siapa saja yang datang dapat turut sama merasakan keberhasilan atas perawatan yang kita miliki di IJN. Kita tidak mau lagi mendengar ada yang memiliki penyakit jantung tapi tak melakukan perawatan, apalagi posisi Indonesia dan Malaysia sangat dekat, apalagi dengan Medan yang hanya beberapa menit perjalanan sudah sampai,” sambungnya.

Lakukan Perawatan Kompleks

Institut Jantung Negara (IJN)
Diterangkan Prof Dato Dr Suhaini Kadiman, untuk penanganan penyakit atau rawatan jantung di Malaysia cukup banyak, ada sekitar 40 pusat jantung yang ada di Malaysia. Tapi yang membedakan IJN dengan yang lain, IJN telah mencapai ataupun pada tahap berupaya melakukan perawatan pada keadaan kompleks dan keadaan yang berisiko tinggi, yang mana pada kebanyakan hal pada pasien tersebut tidak dapat dilakukan di rumah sakit lain.

“Kalau keadaan itu bersifat penyakit jantung biasa akan mendapatkan rawatan yang biasa yang berkenan di hati. Untuk yang berisiko tinggi atau kompleks, kita merasakan pada tempat yang tepat untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik, dan itu ada di IJN,” ujarnya.

Disebutkannya, di IJN ada 3 pilar utama yang selalu diperkuat dan dipegang, yaitu service, latihan dan pendidikan, serta research. Dengan memegang teguh 3 tonggak ini, membuat IJN terus melaju ke depan sebagai salah satu Pusat Kesehatan Kardiovaskular dan Toraks terkemuka.

“Kita belajar dan mengajak. Pada proses ini kita ingin menjadi lebih baik. Kita beranggapan bahwa perobatan bergantung dengan begitu kuatnya pemyelidikan dan proses pembangunan inovasi di IJN. Kuat proses penyelidikan, maka kuat institut tersebut mencapai kejayaannya lebih tinggi. Dan kita berpegang pada prinsip tersebut,” Prof Dato Dr Suhaini Kadiman menuturkan.

Pastikan Pasien Mendapatkan Pelayanan Kesehatan

Institut Jantung Negara (IJN)
Disinggung soal cara IJN menangani pasien dengan kriteria penyakit tertentu, Prof Dato Dr Suhaini Kadiman mengungkapkan, IJN selalu meletakkan prioritas pada pasien-pasien yang memerlukan perawatan. Utamanya, pihaknya mengedepankan dengan kriteria-kriteria tertentu yang sudah ada standarnya.

“Pertama sekali adakah pasien tersebut mengalami keadaan yang sifatnya kecemasan atau emergency. Pasien yang mengalami keadaan kecemasan atau emergency, kita memberikan prioritas utama,” ucapnya.

“Kalau dia (pasien) masuk pukul 8 pagi, maka pukul 8 setengah pagi langsung kita tolak ke dewan bedah dan lab. Selepas proses pendaftaran akan langsung kita lakukan tindakan untuk menyelamatkan pesakit tersebut,” sambungnya.

Kedua, lanjutnya, ada keadaan yang dilihat sebagai semi emergency. Kriteria ini dilihat sebagai semi emergency, tapi keadaan stabil. “Yang ini mungkin kita boleh atur sedikit. Jika dia masuk pada hari ini, mungkin pembedahannya bisa kita atur pada besok atau lusa, tapi dalam kurun waktu 1 atau 2 hari kita stabilkan dan optimalkan keadaannya, dan akan kita bawa untuk melakukan prosedur,” terangnya.

Ketiga, pasien yang bersifat dipanggil atau elektif. Pasien dengan kriteria ini keadaannya tidak cemas. Biasanya, pasien ada masalah tetapi tidak cemas, dan masalahnya bersifat kompleks, tetapi keadaan stabil dan tidak berada dalam keadaan yang cemas.

“Yang ini bisa kita aturkan, dia boleh masuk bulan depan atau 2 bulan lagi, kita mengikut pada banyak faktor. Itulah keadaan yang mungkin kita hadapi. Ada keadaan di mana kita perlu membuat kepastian bahwa peralatan yang diperlukan ada,” bebernya.

“Contohnya, dalam pembedahan pembuluh darah utama, pembuluh darah yang akan kita ganti tersebut perlu kita tempah terlebih dahulu. Tetapi, kita pastikan semua alat yang ada cukup dan peralatan sudah ada di IJN,” timpalnya.

Layanan Kardiologi

Institut Jantung Negara (IJN) (Analisadaily.com/Reza Perdana)
Layanan kardiologi di IJN mencakup pemeriksaan penunjang non-invasif (termasuk modalitas pencitraan) serta pemeriksaan dan intervensi invasif. Dalam prosesnya, investigasi dan pengobatan invasif utama IJN dipusatkan pada pengobatan penyakit arteri koroner. IJN melakukan angiogram koroner dan intervensi koroner (angioplasti dan pemasangan ring) dalam jumlah besar setiap tahunnya. Prosedur ini dapat diakses dari selangkangan (rute femoralis) atau dari pergelangan tangan (rute radial). Kami telah mempertahankan kompetensi kami dan sering kali prosedur kami berada di tepi teknologi.

IJN memiliki Unit Elektrofisiologi (EP) yang kuat untuk merawat pasien dengan irama jantung tidak normal (aritmia), dan secara rutin memasang alat pacu jantung permanen untuk bradiaritmia (kebanyakan memiliki ruang ganda), terapi sinkronisasi ulang jantung untuk pasien gagal jantung, dan ablasi frekuensi radio untuk takiaritmia serta fibrilasi atrium.

IJN juga melakukan intervensi perifer pada arteri ginjal, ekstremitas bawah dan atas serta arteri karotis melalui angioplasti dan pemasangan stent. Selain itu, juga menawarkan perbaikan endovaskular untuk aneurisma perut dan toraks.

IJN juga telah memulai teknologi baru seperti pencegahan stroke dengan menggunakan perangkat oklusi pelengkap atrium kiri, denervasi ginjal untuk hipertensi resisten, penggantian katup aorta transkateter (TAVI) untuk pengobatan stenosis aorta serta perangkat klip mitral dalam pengobatan. regurgitasi mitral parah pada pasien yang berisiko tinggi untuk operasi konvensional.

Prosedur dan Pencitraan Kardiologi Non Invasif

Salah satu perlengkapan di IJN
IJN memiliki peralatan modern untuk pencitraan dan ini termasuk ekokardiografi, pencitraan CT multislice, pencitraan nuklir, dan MRI jantung. Staf yang terlatih dan berpengalaman dilibatkan dalam melakukan prosedur ini. Kami memiliki layanan ekokardiografi yang sangat terspesialisasi yang mencakup ekokardiografi 2D standar (dengan mode M, pencitraan aliran warna, dan Doppler), pencitraan Doppler gelombang pulsa dan jaringan warna (TDI), ekokardiografi 3D, ekokardiografi regangan 2D (pelacakan spekel), 2D dan Ekokardiografi transesofagus 3D, ekokardiografi stres dobutamin dan stres treadmill, serta ekokardiografi transesofageal intraoperatif.

Selain pencitraan, IJN juga menyediakan layanan penting lainnya seperti elektrokardiogram (EKG), pengujian stres treadmill, sistem pemantauan ritme jantung (Holter 24 jam, 'King of Hearts', dan kartu ritme).

Kardiotoraks dan Anestesiologi

Pelayanan di IJN
Departemen bedah kardiotoraks IJN dikelola oleh salah satu tim ahli bedah jantung paling berpengalaman di kawasan ini. Departemen ini telah melakukan total 59.674 operasi selama 22 tahun, dan pada tahun 2014 saja, departemen ini telah melakukan 2.954 operasi jantung terbuka dan 1.136 operasi jantung tertutup. Terdapat 8 ruang operasi khusus (OT), 1 ruang operasi hybrid, 48 tempat tidur unit perawatan intensif (ICU) dewasa, dan 10 tempat tidur unit perawatan intensif anak (PICU).

Tim Ahli Bedah Kardiotoraks yang berdedikasi melakukan seluruh rangkaian operasi jantung dewasa dan anak-anak, termasuk bedah jantung dewasa, bedah jantung bawaan, bedah toraks, bedah vaskular, pembedahan untuk gagal jantung, bedah jantung invasif minimal, bedah toraks berbantuan video, operasi untuk telapak tangan berkeringat, operasi aritmia, prosedur labirin untuk fibrilisasi atrium, dan pembedahan untuk kardiomiopati obstruktif hipertrofik.

Kemudian, untuk anestesi umum diberikan kepada pasien selama operasi untuk meringankan pasien dari rasa sakit yang mungkin mereka rasakan. Seorang Ahli Anestesi akan menjelaskan keseluruhan prosedur sebelum operasi. Ketika seorang pasien akan menjalani prosedur bedah umum atau khusus, ia akan diberi obat terlebih dahulu melalui kateter intravena, kemudian mereka akan diminta untuk menghirup gas khusus. Setelah ini terjadi, pasien akan tertidur lelap.

Ahli anestesi akan bertanggung jawab terhadap pasien selama operasi untuk memastikan pasien tidak terbangun atau mengalami rasa sakit. Instrumen khusus digunakan untuk memantau pasien selama masa operasi dan saat pasien menerima anestesi. Setelah pasien tertidur, jika akan dilakukan pembedahan umum, ahli anestesi kemungkinan besar akan memasang selang khusus ke dalam trakea pasien (selang endotrakeal) untuk menjaga aliran oksigen yang cukup. Oksigen akan diberikan selama prosedur pembedahan untuk mempertahankan tingkat oksigen tertentu yang dapat diterima.

Saat operasi berakhir, ahli bedah akan memberi saran kepada ahli anestesi, yang kemudian akan mulai mengurangi anestesi agar pasien dapat sadar kembali. Ini akan dilakukan secara perlahan bertepatan dengan prosedur operasi. Jika operasi telah selesai pasien akan dibawa ke Ruang Pemulihan.

Tabung endotrakeal akan dibiarkan di tempatnya sampai pasien mulai sadar sepenuhnya. Setelah pasien dipastikan mampu bernapas sendiri, selang endotrakeal akan dilepas. Pasien akan terus diberikan oksigen untuk mempertahankan tingkat oksigenasi yang tepat selama sisa masa tinggal di Ruang Pemulihan.

Pasien mungkin merasakan ketidaknyamanan di tenggorokannya setelah anestesi umum. Ini seharusnya tidak terlalu parah dan akan hilang dalam beberapa hari. Obat pelega tenggorokan mungkin diberikan kepada pasien untuk membantu mengatasi sakit tenggorokan.

“Kami akan meningkatkan kedudukan penelitian kami dengan membangun keahlian kami dan menjunjung tinggi reputasi kami di bidang kardiovaskular. Selain itu, sebagai salah satu rumah sakit jantung terbaik di kawasan ini, interkoneksi kami dengan peneliti dan institusi terkemuka lainnya memungkinkan kami memperluas penelitian interdisipliner, yang memberikan kontribusi berdampak tinggi, bernilai tinggi, dan bermakna bagi komunitas internasional,” Prof Dato Dr Suhaini Kadiman mengakhiri.

(RZD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi