Ratusan Santri Antusias Ikuti Pensi dan Market Day Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Al Amin

Ratusan Santri Antusias Ikuti Pensi dan Market Day Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Al Amin
Ratusan Santri Antusias Ikuti Pensi dan Market Day Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Al Amin (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Ratusan Santri antusias ikuti Pentas Seni (Pensi) dan Market Day Madrasah Ibtidaiyah (MI) Swasta Islamiyah Al Amin yang digelar di Halaman Sekolah Jalan Perunggu Dalam Kelurahan Kota Bangun Kecamatan Medan Deli, Sabtu (4/5).

Pensi dan Market Day ini merupakan kegiatan perdana selama berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Al Amin itu. Sehingga para Santri dan Wali Santri sangat antusias mengikutinya. Pensi dengan menampilkan sejumlah tarian daerah yang diperagakan kelas IV, III dan II.

Selain itu, penampilan kesenian lainnya juga ditampilkan setiap perwakilan kelas, yakni drama anak, pembacaan puisi dan pidato. Kemudian penampilan yang paling dinantikan, yaitu Tahfiz dari perwakilan kelas.

Kepala MI Islamiyah Al Amin, Ruqaiyah mengatakan Pensi ini pertama kali diadakan di angkatan ke-IV sejak berdirinya sekolah tersebut.

"Pensi ini akan dilakukan setiap tahunnya sedangkan Market Day ini haruslah terpisah dari kegiatan apapun. Tapi kali ini kita gabung, karena waktu yang tidak mencukupi lagi sebelum masuk ajaran baru tahun ini," paparnya, Minggu (5/5).

Dikatakannya, kegiatan di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Al Amin tidak hanya tarian saja, melainkan pidato dan Tahfiz yang paling prioritas bagi para Santri.

"Kegiatan yang utama di Sekolah kita itu pidato dan Tahfiz. Kalau kegiatan lainnya itu pengembangan bakat anak-anak," katanya.

Selain Pensi, Market Day juga dibuka ditandai dengan menggunting pita. Peserta Market Day merupakan wali santri yang menjajakan dagangannya dengan harga terjangkau.

Dagangan yang dijajakan pun bervariasi jenis makanan dan minuman jajanan anak seperti puding agar-agar, sosis, bakso dan lainnya.

Akreditasi Sekolah

Menurut Ruqaiyah, tahun 2024 ini akan masuk tim akreditasi untuk melakukan pemeriksaan berkas dan kondisi sekolah serta proses belajar mengajarnya.

"Ini dilakukan agar sekolah ini semakin bermutu. Semoga akreditasi ini mendapat nilai lebih baik," ujarnya.

Untuk pendaftaran Santri MDTA 2024-2025 sudah mencapai 58 santri. Sedangkan pendaftaran untuk Madrasah Ibtidaiyah (SD) sudah tutup dan memenuhi kuota hingga bulan Mei 2024.

"Terima kasih kami ucapkan kepada para Wali Santri yang telah membantu mempublikasikan di media sosial dan media lainnya mengenai kegiatan dan pencapaian sekolah kita, sehingga semakin bermutu dan dikenal banyak orang," tuturnya.

Ketua panitia Pensi dan Market Day MIS Al Amin, Novi mengatakan dengan diadakannya Pensi dan Market Day ini semoga bisa mengasah dan memberanikan diri tampil di depan banyak orang.

"Jadi ummi ingin membiasakan anak-anak Soleh-Soleha agar terbiasa dan berani tampil dan Pe-De (percaya diri) di depan banyak orang dan tidak malu-malu," ucapnya.

Setelah seluruh kegiatan sudah ditampilkan, panitia mengumumkan dan memberikan hadiah kepada para pemenang sebagai bentuk apresiasi dan pendongkrak semangat bagi para Santri untuk terus berkarya dan berkembang sesuai dengan potensinya masing-masing.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi