Menjelang Pilkada Serentak dan Tingkatkan SDM, Polres Langkat Menggelar Latihan Dalmas

Menjelang Pilkada Serentak dan Tingkatkan SDM, Polres Langkat Menggelar Latihan Dalmas
Kasat Samapta Polres Langkat AKP Adi Haryono, saat memantau langsung personel Satuan Samapta melaksanakan latihan pengendalian massa (dalmas) di lapangan Jananuraga, Jalan Proklamasi Kelurahan Kwala Bingai Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Kamis (16/5) (Analisadaily/Hery Putra Ginting)

Analisadaily, com, Stabat - Menjelang pelaksanaan Pilkada dan juga untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) personel Satuan Samapta Polres Langkat menggelar latihan pengendalian massa (dalmas) di lapangan Jananuraga, Jalan Proklamasi Kelurahan Kwala Bingai Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat

Kasat Samapta Polres Langkat AKP Adi Haryono mengatakan latihan Dalmas merupakan kegiatan rutin sesuai agenda yang ditentukan dan dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan.

" Latihan yang kita lakukan ini salah satu bentuk peningkatan SDM yakni dengan menambah porsi untuk pengendalian massa," ujar AKP Adi, Kamis (16/5).

Dijelaskan AKP Adi, latihan ini sekaligus untuk merefresh agar personel gabungan agar semakin profesional dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan dan memiliki gambaran apa yang akan dilakukan jika menghalau massa dan kemungkinan terburuk jika terjadi bentrok massa.

Dengan kegiatan melakukan latihan dalmas tersebut, sambung AKP Adi, maka kekuatan fisik masing-masing personel terus terjaga dengan baik. Lebih dari itu, dengan seringnya dilaksanakan kegiatan ini, maka akan mudah dan siap untuk melakukan pengamanan terhadap massa yang melakukan aksi unjuk rasa.

“ Kita terus memperdalam formasi teknik Dalmas agar di lapangan lebih mahir. Sehingga Satuan Samapta dan personel gabungan, menjadi yang terlatih, tangguh dan bertanggung jawab dalam menjalani tugas pengamanan unjuk rasa,” ungkapnya.

Apalagi sebentar lagi menjelang Pilkada serentak Tahun 2024, sebut mantan Kasat Narkoba Polres Langkat ini, akan segera digelar yang berpotensi terjadi aksi unjuk rasa besar.

“ Intinya, semua ini dipersiapkan untuk menjaga keamanan, ketertiban agar wilayah hukum Polres Langkat tetap kondusif dan terpelihara,” pungkasnya.

Personel gabungan Polres Langkat, dalam melakukan latihan teknik pengendalian massa terlihat memakai berbagai jenis peralatan seperti rompi, tameng dalmas dan tongkat dan mereka melaksanakan formasi teknik Dalmas dengan kompak.

(HPG/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi