Alex Sabar: Panwascam Jangan Coba Bermain dalam Pilkada

Alex Sabar: Panwascam Jangan Coba Bermain dalam Pilkada
Ketua Bawaslu melantik 51 anggota panwascam di syamsiah hotel sibuhuan sabtu (25/5). (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Padanglawas - Sebanyak 51 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada Padanglawas 2024 dilantik Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Padanglawas di Syamsiah Hotel Sibuhuan, Sabtu (25/5).

Ketua Bawaslu Padanglawas, Alex Sabar Nasution, menyampaikan total anggota Panwascam yang dilantik sebanyak 51 orang, mereka akan bertugas di 17 Kecamatan di Kabupetan Padanglawas.

Kata dia, sebagian besar anggota Panwascam Pilkada adalah penyelenggara Pemilu 2024. Dari 51 anggota, 44 diantaranya hasil evaluasi Panwaslu Kecamatan existing pada Pemilu serentak Februari lalu.

Sementara 7 orang sisanya hasil rekrutmen baru, hasil tahapan seleksi sebagai Panwascam Pilkada Padang Lawas.

“Anggota Panwascam yang baru dikantik ini akan langsung bertugas melakukan pengawasan tahapan Pilkada Padanglawas 2024,” ujarnya.

Setelah pelantikan, mereka akan bertugas di wilayah masing-masing. Setiap kecamatan terdapat 3 anggota Panwascam, nantinya akan ada bantuan dari Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dalam pengawasan Pilkada 2024.

“Alhamdulillah sudah sah dilantik menjadi Panwascam dan sudah menjadi keluarga kami serta tegak lurus melaksanakan tugas sesuai aturan dan jangan sampai tidak sesuai dengan aturan ” kata Alex.

Alex juga mengajak seluruh Panwascam Kecamatan yang baru saja dilantik untuk menekankan integritas dan soliditas dalam menjalankan tugas mengawal pemilihan kepala Daerah.

"Kepada Panwascam, kami berpesan jaga solidaritas, integritas, profesional dan mentalitas dalam menjalankan tugas. Lakukan koordinasi dengan semua stakeholder terkait di masing-masing kecamatan,” pesannya.

“Kami tidak segan-segan akan menindak tegas apabila anggota Panwascam bermain dalam Pilkada ini dan jangan cari keuntungan di Panwascam,” tegasnya

(ATS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi