Kepala Perangkat Daerah Langkat Diminta Serius Optimalkan SAKIP

Kepala Perangkat Daerah Langkat Diminta Serius Optimalkan SAKIP
Kepala Perangkat Daerah Langkat Diminta Serius Optimalkan SAKIP (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Stabat - Pj. Bupati Langkat, Faisal Hasrimy, menginstruksikan agar para Kepala Perangkat Daerah serius dalam menyikapi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP).

"Saya minta kepada kepala perangkat daerah serius dalam mengoptimalisasikan SAKIP," kata Faisal saat kegiatan dialog kinerja optimalisasi implementasi SAKIP dan reformasi birokrasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat tahun 2024 di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Senin (3/6).

Dikatakan Faisal, ini merupakan langkah dalam optimalisasi SAKIP dengan memperbaiki mulai dari perencanaan, pengukuran, pelaporan, hingga monitoring dan evaluasi internal.

Dijelaskannya, pada Selasa (21/5) lalu, Pemerintah Kabupaten Langkat melaksanakan audensi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk mendapatkan bimbingan dan arahaan dari Kemenpan RB.

"Kehadiran Pemkab Langkat disambut baik oleh Deputi Kemenpan RB dan mereka menyampaikan kami akan terus mendampingi bagi instansi pemerintah yang serius dan sungguh sungguh dalam memperbaiki implementasi SAKIP di pemerintahannya," ungkap Faisal.

Hasil evaluasi SAKIP beberapa tahun terakhir yang menjadi nilai terendah Pemkab Langkat yaitu pengukuran kinerja, sebut Pj. Bupati Langkat, pengukuran kinerja bisa berjalan maksimal jika unit kerja mengetahui maksud indikator kinerja.

Dalam rangka meningkatkan hal tersebut, sambunfg Faisal, Pemerintah Kabupaten Langkat akan mengawal secara berkala setiap bulan pengukuran kinerja atas target yang diperjanjikan dalam dokumen perjanjian kinerja yang dibungkus dalam agenda dialog kinerja.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Langkat Faisal Hasrimy berharap dengan adanya dialog kinerja dapat menguatkan komitmen para pimpinan perangkat daerah dan untuk mencapai target kinerja yang telah diperjanjikan.

"Saya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan dialog kinerja ini, dapat mengoptimalkan implementasi SAKIP di lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat," pungkas Faisal.

(HPG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi