Perlu Penguatan Manajemen Koran, Farianda Ketua SPS Sumut 2024-2028

Perlu Penguatan Manajemen Koran, Farianda Ketua SPS Sumut 2024-2028
Dari kiri, Anton Panggabean, Januar P Ruswita, Farianda Putra Sinik, War Djamil, Agus Lubis dan Rianto Aghly foto bersama usai Musprov SPS Sumut (Analisa/istimewa)

Analisadaily.com, Medan- Organisasi Serikat Perusahaan Pers (SPS) kiranya tetap melakukan berbagai kegiatan yang terkait langsung dengan upaya penguatan manajemen koran. Meski kondisi surat kabar di dunia memprihatinkan, tetapi kita harus berupaya agar tetap survive.

Demikian ungkap Ketua Umum SPS Pusat, Januar P Ruswita dalam acara Musyawarah Provinsi (Musprov), SPS Sumut di Hotel Polonia Medan, Jumat (21/6/2024).

Tiras koran-koran di negara manapun saat ini memang menurun. Tetapi eksistensi koran tetap akan dapat dipertahankan, walau media siber kini menjadi pilihan publik dalam mengakses berita.

Tingkat kepercayaan publik pada koran masih tinggi. Meski harus diakui pembaca milenial beralih ke media siber. Kondisi ini harus diterima. Namun pengelola koran patut terus melakukan inovasi untuk tetap terbit, ucapnya.

Musprov yang diikuti utusan dari 39 anggota SPS Sumut itu diawali dengan Workshop Peran Media Cetak Dalam Pilkada Serentak 2024 pada hari Jumat dan dilanjutkan dengan Musprov pemilihan pengurus SPS Sumut periode 2024-2028 sehubungan berakhirnya kepengurusan periode 2020-2024.

Musprov dengan tiga pimpinan sidang, Agus Salim Ujung, Hendrik Prayitno dan Erwin Siregar diisi dengan laporan pertanggungjawaban pengurus, disampaikan oleh Farianda Putra Sinik, SE didampingi Sekretaris Rianto Ahgly, SH dan Bendahara Asih Astuti, M.Ikom diikuti dengan tanggapan peserta.

Setelah mendapat arahan dari Ketua Umum SPS Pusat, acara dilanjutkan pemilihan Ketua SPS Sumut periode 2024-2028 sekaligus sebagai formatur. Karena calon tunggal, akhirnya Farianda Putra Sinik terpilih sebagai ketua sekaligus sebagai formatur tunggal penyusunan kepengurusan SPS Sumut periode 2024-2028. Farianda sebelumnya ketua periode 2016-2020 (periode pertama).

Farianda menyatakan terima kasih atas kepercayaan anggota SPS Sumut untuk jabatan ketua periode ketiga dan akan memasukan beberapa program usulan peserta dalam program kerja seperti manajemen perusahaan pers dan manajemen redaksional.

Januar Ruswita saat menutup musprov ini menitip pesan supaya dalam kepengurusan dimasukkan tenaga muda sebagai kader kepengurusan SPS pada masa-masa mendatang sehingga estafet kepemimpinan di SPS Sumut dapat berlanjut dengan baik.

Hadir dalam Workshop dan Musprov SPS Sumut ini sejumlah pimpinan media antara lain War Djamil, SH (Pemred Analisa), Drs Agus Lubis (Pemred Realitas) dan Anton Panggabean, SE MSi (Wapemred SIB).

Baca Juga

Rekomendasi