Jembatan Gantung Sungai Deli Kota Bangun akan Renovasi, Terselip Harapan Warga

Jembatan Gantung Sungai Deli Kota Bangun akan Renovasi, Terselip Harapan Warga
Jembatan Gantung Sungai Deli Kota Bangun akan Renovasi, Terselip Harapan Warga (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Guna meningkatkan kapasitas jembatan gantung Sungai Deli yang ada di Jalan Sersan Usman, Kelurahan Kota Bangun, Kecamatan Medan Deli, Pemko Medan akan merenovasi jembatan titi gantung tersebut menjadi jembatan permanen dan dapat dilalui kendaraan roda empat.

Sebelum direnovasi, Wali Kota Medan Bobby Nasution, Rabu (26/6) melakukan peninjauan untuk melihat kondisi jembatan yang sudah puluhan tahun tidak pernah direnovasi.

Selain itu Bobby Nasution yang hadir didampingi Pj Sekda Topan Obaja Putra Ginting dan Kadis Perumahan, Kawasan Permukiman, Cipta Karya, dan Tata Ruang Kota Medan Alexander Sinulingga juga ingin mendengarkan secara langsung keluhan warga terkait jembatan tersebut.

Momen ini pun dimanfaatkan warga untuk menyampaikan harapan dan masukan kepada Bobby Nasution terutama persoalan jembatan yang selama ini menjadi satu satunya jalur alternatif masyarakat sekitar untuk menyeberang ke Jalan Yos Sudarso dan ke Jalan Marelan Raya. Selain itu kondisi jembatan yang dikhawatirkan kedepannya rubuh.

Kepada masyarakat Bobby Nasution menjelaskan, jembatan ini akan dilakukan renovasi pada tahun depan. Namun, agar pelaksanaan renovasi ini berjalan dengan baik Bobby Nasution meminta partisipasi dari masyarakat untuk mendukungnya seperti membantu dalam pembebasan lahan.

"Jembatan ini rencananya akan kami renovasi, saya minta bapak ibu membantu kami terkait pembebasan lahan, gimana bersedia ya?" tanya Bobby Nasution yang disambut dukungan dari masyarakat.

Dikatakan Bobby Nasution, renovasi ini merupakan peningkatan kapasitas jembatan. Karena jembatan ini menjadi jalan alternatif atau pengubung masyarakat dari jalan utama Yos Sudarso menuju ke Marelan Raya. Kondisi saat ini juga hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua.

"Jembatan selama ini hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Mudah-mudahan bisa kita tingkatkan kedepannya bisa dilalui roda empat dan kapasitas jalannya bukan jalan alternatif lagi," jelas Bobby Nasution.

Seorang warga, Zulkifli yang diajak berbincang dengan Bobby Nasution saat peninjauan menaruh harapan besar agar renovasi pembangunan jembatan Dungai Deli Kota Bangun ini dapat segera dilakukan.

Sebab dirinya menilai jembatan tersebut setiap harinya dilewati ribuan masyarakat yang mencari nafkah khususnya yang bekerja di Kawasan Industri Medan (KIM).

"Kami berharap besar jembatan ini dapat segera terealisasi renovasinya. Karena ini menjadi jalur alternatif, ribuan warga melewati jembatan ini setiap harinya untuk mencari nafkah," ujarnya.

Menurutnya, jembatan yang diperkirakan berdiri di tahun 1970-an ini belum ada renovasi total hanya perbaikan kecil saja. Oleh sebab itu masyarakat sangat mendukung rencana renovasi yang akan dilakukan Pak Bobby Nasution.

Hal senada juga disampaikan Lily Marlina, warga yang tinggal di sekitar jembatan. Dirinya berharap jembatan ini dapat direnovasi dan diperlebar, sehingga tidak terjadi kemacetan yang kerap terjadi terutama di pagi hari.

"Kami berharap jembatan ini dapat diperbesar supaya tidak macet, karena pagi hari sering macet saat masyarakat berangkat kerja dan mengantar anak sekolah," ucapnya.

Sebagai informasi, renovasi jembatan yang rencananya akan dilakukan di tahun depan ini nantinya akan dibangun dengan panjang kurang lebih 30 meter dan lebar 7 meter.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi