Festival Bunga dan Buah Momentum Banggakan Budaya Karo di Kancah Internasional

Festival Bunga dan Buah Momentum Banggakan Budaya Karo di Kancah Internasional
Festival Bunga dan Buah Momentum Banggakan Budaya Karo di Kancah Internasional (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Karo - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni mengatakan, Festival Bunga dan Buah Karo Tahun 2024 mampu menjadi momentum membanggakan budaya Karo di kancah internasional.

Hal ini diungkapkannya usai pembukaan Pesta Bunga dan Buah 2024 di Tugu Perjuangan, Pusat Kota Berastagi, Karo, Sumut, Kamis (4/7).

“Kita patut bersyukur bahwa Kabupaten Karo telah dianugerahi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, alam yang begitu indah dan subur serta budaya yang menarik yang membuat Kabupaten Karo dikenal dengan daerah pariwisata yang sering dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun dari luar negeri,” ucap Fatoni.

Kabupaten Karo juga terkenal dengan daerah penghasil bunga dan buah yang melimpah. Oleh sebab itu, event ini diselenggarakan sebagai bentuk pelestarian seni budaya sebagai warisan leluhur yang harus dijaga dan dipertahankan.

“Festival Bunga dan Buah Karo ini juga merupakan salah satu langkah strategis dalam upaya meningkatkan kepariwisataan,” kata Fatoni.

“Karena semakin banyak festival serta event seni budaya yang diadakan di suatu daerah, maka akan mampu mendatangkan lebih banyak kunjungan wisatawan ke daerah tersebut,” sambungnya.

Fatoni mengaku takjub menyaksikan langsung Festival Bunga dan Buah Karo Tahun 2024 untuk pertama kalinya.

"Ini pertama kalinya saya menyaksikan festival luar biasa seperti ini, saya takjub, kagum dan benar-benar di luar dugaan saya, ini tidak kalah dengan event-event di negara lain," ungkap Fatoni.

Fatoni bahkan tidak menyangka event ini begitu meriah. Menurutnya kegiatan Festival Bunga dan Buah Karo perlu publikasi yang masif agar lebih dikenal dunia, salah satunya melalui sosial media.

"Posting sebanyak-banyaknya kegiatan kita di sini, sebarkan agar lebih banyak yang melihat, seluruh dunia melihat dan wisata kita semakin populer, daerah kita semakin terkenal," kata Fatoni.

Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang mengatakan pada hari pertama Festival Bunga dan Buah sudah ada 20.000 wisatawan yang berkunjung. Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Karo menargetkan akan ada 80.000 wisatawan selama event ini digelar, yaitu 4-6 Juli 2024 mendatang.

"Di hari pertama kami catat 20.000 lebih wisatawan, kami optimis target tercapai karena besok datang Pak Sandiaga Uno, pagelaran musik dan sebagainya, kemudian Sabtu acara puncaknya," kata Cory.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi