PBI Sumut Ramaikan Parade Kebaya Nusantara

PBI Sumut Ramaikan Parade Kebaya Nusantara
Ketua dan Pengurus PBI Sumut saat ikutu Parade Kebaya Nusantara (Analisa/istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI) Sumatera Utara (Sumut) meramaikan parade kebaya nusantara yang digelar di Jalan Balaikota Medan, Minggu (21/7). Hadirnya PBI Sumut dalam parade ini sebagai organisasi yang terus ikut berjuang mengampanyekan kebaya.

Ketua PBI Sumut Syafitra Elizabeth Tambunan mengatakan ini tahun kedua mereka berpartisipasi dalam acara parade kebaya yang digelar Sri Wahyuni Foundation tersebut. Di tahun ini, ia bersama pengurus PBI Sumut lainnya tampil menggunakan berbagai jenis kebaya dalam acara tersebut.

“Hari ini saya pakai kebaya encim baru yang dipadukan dengan batik. Jadi memang sudah menjadi tanggung jawab PBI Sumut untuk terus mengampanyekan kebaya ini kepada generasi muda. Karena seperti kita ketahui bahwa kebaya ini bisa dipadukan dengan pakaian yang modern,” ujar Syafitra bersama Sekretaris Tamara Sibarani dan PIC Corry L Munthe dan Humas PBI Sumut.

Bahkan beberapa event juga telah mereka laksanakan dengan memakai kebaya. Misalnya, dalam beberapa waktu lalu, PBI Sumut telah menggelar event gowes dengan kebaya. Hal ini dilakukan sebagai bukti bahwa kebaya itu bisa digunakan kapan pun.

“Jadi kebaya itu bukan hanya digunakan saat acara resmi saja. Di pakai acara lainnya juga bisa. Misalnya dipakai dengan sneakers,” ujar Syafitra yang didampingi Ihdina Nida Marbun SH.M.Hum dan Adriana Sitanggang SH M.Hum.

Bukan hanya itu, sebagai upaya mengampanyekan kebaya, PBI juga telah melakukan program goes to campus. Program ini dilakukan dengan mengampanyekan kebaya ke berbagai mahasiswa dengan mengunakan kebaya. Menurutnya, dengan menggandeng mahasiswi di kampus, maka generasi milenial semakin mencintai kebaya.

"Tak henti-hentimya PBI Sumut mengajak, mengimbau agar mahasiswi mencintai kebaya. Pakailah kebaya seperti Kutu Baru, Encim, None dan Kartini dalam keseharian kita," harapnya.

Pihaknya juga mengucapkan selamat Hari Kebaya Nasional yang jatuh pada tanggal 24 Juli 2024. Menurutnya perjuangan mereka belum selesai. Apalagi sebelumnya mereka juga telah berjuang sehingga kebaya diakuin UNESCO.

Acara parade kebaya nusantara ini juga dihadiri oleh Ketua PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu. Saat membuka acara Kahiyang mengatakan bahwa kebaya adalah identitas wanita Indonesia. “Kita harus bangga mengenakannya,” ujar Kahiyang Ayu.

Acara ini juga diramaikan 6.500 peserta dari berbagai instansi dan elemen masyarakat. Ribuan peserta ini mengenakan kebaya dengan jenis yang berbeda-beda.

Baca Juga

Rekomendasi