Diantar Relawan ke KPU Deliserdang, Yusuf-Bayu Prioritaskan Bangun SDM Masyarakat

Diantar Relawan ke KPU Deliserdang, Yusuf-Bayu Prioritaskan Bangun SDM Masyarakat
Diantar Relawan ke KPU Deliserdang, Yusuf-Bayu Prioritaskan Bangun SDM Masyarakat (Analisadaily/Rinto Sustono)

Analisadaily.com, Lubukpakam - Para relawan dari berbagai elemen dan komunitas mengantarkan bakal pasangan calon (bapaslon) M Ali Yusuf Siregar (AYS) - Bayu Sumantri Agung (BSA) untuk mendaftar ke KPU Deliserdang di Lubukpakam, Kamis (29/8).

Sebelum ke KPU, para relawan tersebut menunggu kedatangan AYS-BSA di sebuah resto, di Jalan Negara, Petapahan, kira-kira berjarak 1 km dari kantor KPU. Usai doa bersama, bapaslon itu pun segera menuju kantor KPU Deliserdang.

Semula, baik Ali Yusuf Siregar maupun Bayu menumpang becak motor Vesva yang dimodifikasi melintasi Jalan Negara dan diarak para pelawan. Keruan konvoi kendaraan itu memacetkan jalur lintas Sumatera di kawasan depan gerbang Tok Palu Kemiri hingga kawasan depan Kantor Bupati Deliserdang.

Kemudian saat tiba di Alun-alun Pemkab Deliserdang, ribuan relawan lainnya, barongsai, tari-taroan etnis, dan Marchingband Dwitunggal sudah menunggu untuk serta dalam barisan.

Merasa ditunggu pendukungnya di sepanjang jalan menuju KPU, akhirnya bapaslon Yusuf-Bayu pun ganti kendaraan dengan naik Jeep Willis yang semula mengawal di barisan depan. Dengan berdiri di atas Jeep, keduanya melepaskan senyum dan melambaikan tangan kepada relawan yang tak henti mengelu-elukannya.

Para relawan dari segala umur dan juga lintas etnis itu, juga menampilkan atraksi barongsai, tari-tarian, dan menabuh gondang sembilan dari atas mobil pikap.

Kedatangan bapaslon Yusuf-Bayu yang didampingi masing-masing istri dan pimpinan partai pengusung itu, disambut Ketua KPU Deliserdang Relis Yanthy Panjaitan didampingi para komisioner Ziulhaq Siregar, Uswatun Hasanag Harahap, Desy Choirunnisa Lubis, Erdinata Sinuhaji, dan Sekretaris KPU Nazrul Nasution, serta disaksikan para Komisioner Bawaslu Deliserdang.

Layaknya dua bapaslon lainnya yang sudah terlebih dahulu mendaftar pada Rabu (28/8) dan pada Kamis (29/8) pagi, KPU pun memakaikan tanjak (penutup kepala etnis Melayu) kepada Ali Yusuf Siregar dan Bayu Suantri Agung.

Usai berkas keduanya diterima dan dinyatakan lengkap oleh KPU, saat temu pers Ali Yusuf Siregar mengatakan akan memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia (SDM) melalui peningkatan kualitas pendidikan di kabupaten itu.

Diketahui, Ali Yusuf Siregar merupakan birokrat murni yang pada priode sebelumnya sempat menjadi wakil bupati, menjadi Plt Bupati selama sebulan, dan akhirnya secara defenitip dilantik menjadi bupati mengakhiri masa priode 2019-2024 selama empat bulan dari 9 Desember 2023 hingga 23 April 2024.

Sedangkan Bayu Sumantri adalah politisi PAN yang selama dua priode berturut-turut menduduki kursi dewan di kabupaten itu. Bahkan pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu, dia kembali terpilih untuk yang ketiga kalinya dengan raihan suara terbanyak di Dapil I Deliserdang.

Bapaslon AYS-BSA saat mendaftar untuk maju di Pilkada Deliserdang 2024 diusung empat partai. Yakni Partai Nasdem (7 kursi), Partai Amanat Nasional (3 kursi), Partai Persatuan Pembangunan (3 kursi), dan Partai Perindo (1 kursi) dengan total dukungan 14 kursi.

Ketua KPU Deliserdang Relis Panjaitan menyatakan, setelah menerima berkas pendaftaran bapaslon Yusuf-Bayu, selanjutnya KPU akan memverifikasi berkas-berkas tersebut. Sesuai jadwal, pada 29 Agustus - 4 September dilakukan penelitian administrasi calon. Kemudian pemberitahuan penelitian administrasi pada 4 dan 5 September. Hingga akhirnya klarifikasi atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap keabsahan persyaratan paslon pada 15-21 September, dan penetapan calon pada 22 September 2024.

Bisa dipastikan, Pilkada Deliserdang 2024 diikuti tiga pasangan. Yakni pasangan dr. Asri Ludon Tambunan-Lom Lom Suwondo yang mendaftar paling pertama mendaftar sehari sebelumnya. Kemudian pasangan Sofyan Nasution-Junaidi Parapat yang mendaftar pada Kamis (29/8) pagi, dan terkahir pasangan Ali Yusuf Siregar-Bayu Sumntri Agung.

Selanjutnya seluruh bapaslon akan melakukan pemeriksaan kesehatan pada Jumat (30/8) pagi di RSU H Adam Malik Medan.

(RIO/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi