KPU Sergai Gelar Rapat Pleno Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Paslon Bupati

KPU Sergai Gelar Rapat Pleno Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Paslon Bupati
Ketua KPU Sergai, Agusli Matondang saat pengundian dan penenapan nomor urut Paslon yang dilakukan KPU Sergai, Senin (23/9). (Analisadaily/Zainal Abidin)

Analisadaily.com, Serdang Bedagai - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar rapat pleno terbuka pengundian nomor urut dan penetapan nomor urut pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sergai pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 27 November mendatang.

Rapat pleno terbuka tersebut dipimpin Ketua KPU Sergai,Agusli Matondang didampingi Komisioner Erdian Wirajaya,Liston Robert Saragih dan Muhammad Sofian dan dihadiri Paslon Darma Wijaya dan Adlin Umar Yusri Tambunan,serta unsur Forkopimda Sergai antara lain, Kapolres AKBP Jhon Hery Rakutta Sitepu, Kajari Rufina Ginting, Ketua Pengadilan Seirampah Muhammad Sacral Ritonga,yang mewakili Kapolres Tebingtinggi dan Dandim 0204/DS, jajaran Bawaslu Sergai,para pengurus partai politik pengusung,pemuka agama dan tkoh masyarakat.

Dalam pengundian nomor urut tersebut,pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sergai, Darma Wijaya-Adlin Umar Yusri Tambunan mendapatkan nomor urut 1.

Dikarenakan pada Pilkada Sergai 2024 nanti hanya satu Paslon yang telah ditetapkan pasangan calon peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sergai oleh KPU Sergai pada 22 September 2024 kemaren adalah Daram Wijaya dan Adlin Umar Yusri tambunan,maka dengan demikian untuk nomor urut 2 merupakan kolom tanpa tanda gambar calon peserta atau kotak kosong.

Selanjutnya, Ketua KPU Sergai didampingi para lomisioner membacakan keputusan KPU Sergai Nomor 1.206 tahun 2024 tentang penetapan nomor urut pasangan calon peserta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sergai tahun 2024.

Pada kesempatan tersebut Ketua KPU Sergai Agusli Matondang mengatakan sesuai dengan hasil pengundian pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sergai Darama Wijaya dan Adl,in Umar Yusri Tambunan memperoleh nomor unur 1.

“Maka sesuai dengan Juknis nomor urit 1 akan diletakan disebelah kiri kertas suara,sedangkan yang sebelah kanannya diletakan nomor unur 2 yang tidak mempunyai gambar pasangan calon,”katanya.

Usai dilakukan pengundian dan penetapan nomor urut Paslon,dilanjutkan deklarasi kampanye damai yang diikuti Paslon beserta seluruh pengurus partai politik pengusung, dengan disaksikan unsur Forkopimda dan Bawaslu Sergai.

Ketua KPU Sergai,Agusli Matondang mengatakan ketika hanya ada satu Paslon, maka sandingannya adalah kotak kosong atau kolom tanpa tanda gambar."Sehingga masyarakat akan menggunakan hak pilihnya untuk kedua kolom tersebut di tanggal 27 November nanti," katanya.

Kemudian pada tahapan kampanye nanti,sebutnya Paslon nomor 1 tetap akan melaksanakan kampanye sebagaimana biasa dalam rangka penyampaian visi misinya dan mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

"Penyampaian visi misi tetap akan kita laksanakan bersama panelis. Namun karena hanya ada satu Paslon, tidak ada debat,"ujarnya.

Aguskli bderharap berharap,dalam pelaksanaan Pilkada mendatang partisipasi jauh lebih tinggi dari pelaksanaan Pemilu lalu."Kita berharap partisipasi masyarakat di atas 85 persen,"ungkapnya.

Agusli Matondang menambahkan Paslon Darma Wijaya dan Adlin Tambunan yang merupakan petahana akan cuti selama masa kampanye terhitung 25 September hingga 23 November 2024 mendatang.

Sementara itu Darma Wijaya didampingi Adlin Tambunan dalam conference persnya uasai melakukan pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sergai dirangkai deklarasi kampanye damai pihaknya optimis memperoleh suara menang minimum 80 persen melawan kotak kosong pada Pilkada yang akan digelar 27 Nopember 2024 mendatang

Pasangan Darma Wijaya dan Adlin Tambunan mengucapkan terima kasih kepada KPU Sergai dan jajaran yang telah melaksanakan pengundian dan penetapan nomor urut yang dirangkai deklarasi kampanye damai.

"Alhamdulilah, kami mendapatkan nomor urut 1. Kami mengucapkan terima kasih, dan mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Sergai," ungkapnya.

Darma Wijaya mengajak seluruh masyarakat Sergai untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 27 November mendatang."Harapan kami kepada masyarakat Sergai jangan Golput.Semuanya harus ramai-ramai ke TPS untuk mencoblos memilih pemimpin ke depan. Apabila salah pilih pemimpin,nanti pemimpinnya bukan dari Serdangbedagai, yang pasti ada utusan dari Mendagri. Kalau (pemimpinya) sudah tidak kenal sama kita, ya bapak ibu akan merasakan akibatnya 5 tahun ke depan,"katanya.

"Target (perolehan suara) kami, minimum 80 persen. Kami punya strategi, karena semua partai sama kami,semua partai mendukung kita. Dari 13 partai yang mendukung kami, pasti punya trik masing-masing," jelasnya.Diketahui, Paslon Darma Wijaya dan Adlin Tambunan diusulkan 13 gabungan partai politik yakni, Partai Nadem, Hanura, PKS, PAN, PKB, Golkar, Gerindra, PPP, PDI-Perjuangan, Demokrat, Partai Buruh, PSI, dan Gelora.

(BAH/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi