Dewan Pakar Golkar RE Nainggolan Bincang dengan HIRO Bahas UMKM dan Pilkada Medan

Dewan Pakar Golkar RE Nainggolan Bincang dengan HIRO Bahas UMKM dan Pilkada Medan
Dewan Pakar Golkar RE Nainggolan Bincang dengan HIRO Bahas UMKM dan Pilkada Medan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dewan Pakar Golkar Sumut Rustam Effendy Nainggolan atau yang akrab disapa RE Nainggolan menggelar pertemuan dengan Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan periode 2025-2030, Hidayatullah-Yasyir Ridho Loebis (HIRO) nomor urut 3.

Hal itu disampaikan mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara tahun 2008-2010 tersebut saat menerima kunjungan Pasangan HIRO di kediamannya, Selasa (24/9).

Dalam pertemuan yang hangat sesama kader Partai Golkar antara RE Nainggolan dan Calon Wakil Wali Kota Medan, Yasyir Ridho Loebis. Mereka berdialog konstruktif tentang pembangunan Kota Medan.

Pada pertemuan tersebut, RE Nainggolan berpesan kepada Pasangan HIRO untuk memperhatikan sektor UMKM. Menurutnya, sektor UMKM berperan besar sebagai multi player effect dalam menaikkan tingkat perekonomian di Kota Medan.

"UMKM sangat berpengaruh terhadap perekonomian di masyarakat. Harus diperhatikan betul perkembangannya, agar perekonomian di masyarakat berjalan," kata RE Nainggolan.

Untuk meningkatkan perkembangan UMKM, RE Nainggolan juga berpesan kepada Pasangan HIRO agar memperhatikan ekonomi masyarakat. Menurutnya, pemerintah harus memberikan sentuhan khusus kepada masyarakat ekonomi lemah.

"Berikan sentuhan khusus kepada masyarakat ekonomi lemah. Bagaimana bisa taraf hidupnya naik dan daya belinya meningkat. Berikan bantuan ekonomi dan pendidikan, itu bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat," katanya.

RE Nainggolan menambahkan, dengan meningkatkan daya beli masyarakat, otomatis akan menghidupkan sektor UMKM.

"Karena dengan adanya daya beli masyarakat itu akan menghidupkan UMKM. Kemudian UMKM akan berpengaruh ke pelaku usaha menengah dan pemodal," tambahnya.

Tak hanya itu, RE Nainggolan juga meminta agar Pasangan HIRO bisa memberdayakan peran-peran dari pemuda saat memimpin Kota Medan nanti. Kelompok pemuda, harus diberdayakan dengan diberikan pelatihan-pelatihan UMKM agar sektor tersebut terus tumbuh.

"Dengan mengenalkan dan melatih para pemuda ke sektor UMKM, bisa meningkatkan jumlah UMKM. Artinya, pengangguran berkurang. Bisa dipastikan tingkat kriminalitas seperti begal, narkoba dan kejahatan lainnya berkurang karena pemudanya sibuk merintis UMKM," jelasnya.

Calon Wakil Wali Kota Medan, Yasyir Ridho Loebis mengatakan, kedatangannya dan Calon Wali Kota Medan, Hidayatullah ke kediaman RE Nainggolan meminta masukan untuk kemajuan Kota Medan.

"Kami mengucap terimakasih dan penghargaan kami kepada Bapak RE Nainggolan. Kami banyak menerima masukan untuk kemajuan Medan," katanya.

Eks Ketua KNPI Sumut itu menambahkan, sektor perekonomian dan pendidikan merupakan program unggulan Pasangan HIRO.

"Pendidikan dan UMKM ini jalan untuk memutuskan rantai kemiskinan. Pasangan HIRO konsen di sektor jni. Dengan melakukan pelatihan terhadap pemuda diharapkan meningkatkan jumlah UMKM. Ditambah, dengan program beasiswa dan 1 keluarga 1 sarjana akan meningkatkan taraf hidup sebuah keluarga," kata Eks Wakil Ketua DPRD Sumut tersebut.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi