Yasyir Ridho Satu-satunya Cakada yang Bermarga Lubis di Sumut

Yasyir Ridho Satu-satunya Cakada yang Bermarga Lubis di Sumut
Yasyir Ridho Satu-satunya Cakada yang Bermarga Lubis di Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Ternyata dari sekira 200 calon kepala daerah (cakada) se-Sumatera Utara (Sumut). Hanya Cakada di Kota Medan saja yang memiliki marga Lubis.

Hal itu diungkapkan saat sejumlah Tokoh Mandailing yang bermukim di Kota Medan melakukan upah-upah kepada Calon Wakil Wali Kota Medan nomor urut 3, Yasyir Ridho Loebis, di hari pertama pelaksanaan kampanye Pilkada 2024, Rabu (25/9) di Hotel Madani, Medan.

Upa-upa Manggobak Tondi dalam bahasa Mandailing yang jika diartikan mengeluarkan semangat Yasyir Ridho Loebis tersebut digagas oleh mantan Ketua Umum PPP Sumatera Utara, Yulizar Parlagutan Lubis beserta Nuzirwan B Lubis (Oyom) dan Endar Sutan Lubis.

Turut hadir sejumlah Tokoh Mandailing lain seperti mantan Pj Wali Kota Medan, Afifuddin Lubis, Prof Lahmuddin Lubis, Nahar Lubis dan Makmun Syafrif Nasution. Selain itu, ratusan masyarakat Mandailing yang bermukim di Kota Medan juga ikut menghadari Upa-upa Manggobak Tondi tersebut.

Suasana haru terlihat jelas pada pelaksanaan Upa-upa Manggobak Tondi kepada Yasyir Ridho Loebis. Masyarakat Mandailing, sangat berharap Kota Medan dipimpin oleh orang yang berasal dari Mandailing.

Seusai kegiatan, Yulizar Parlagutan mengatakan jika, Yasyir Ridho Loebis merupakan satu-satunya calon kepala daerah bermarga Lubis. Alasan itulah yang melatarbelakangi dilakukannya Upa-upa Manggobak Tondi kepada Yasyir Ridho yang diusung PKS tersebut.

"Dari 33 Pilkada kabupaten/kota dan 1 provinsi tak ada satupun yang bermarga Lubis, dari hampir 200 calon kepala daerah," kata Yulizar.

Alasan itulah yang melatarbelakangi dilakukannya Upa-upa Manggobak Tondi kepada Yasyir Ridho yang diusung PKS tersebut.

"Karena itu saya sebagai bermarga Lubis dengan beberapa kawan-kawan berinisiatif, berinisiasi kita bangkitkan spirit dan semangat kepada Yasyir Ridho, ini lho masih ada saudaramu, keluargamu," ujarnya.

Mantan Anggota DPRD Sumut itu berharap Upa-upa Manggobak Tondi tersebut bisa membangkitkan semangat Yasyir Ridho untuk bertarung dan memenangkan Pilkada Medan 2024.

"Kita bangkitkan semangatnya untuk dia bisa punya kepercayaan diri yang kuat untuk bertarung yang andal di Pilkada Medan, setidaknya ini mewakili masyarakat Mandailing Natal," ucapnya.

Yulizar juga tak membantah jika kegiatan Upa-upa Manggobak Tondi dianggap sebagai bentuk dukungan terhadap Pasangan Hidayatullah-Yasyir Ridho Loebis dalam kontestasi Pilkada Medan 2024.

"Bisa jadi (bentuk dukungan) Alquran mengajarkan kita, kita diciptakan bersuku-suku bergolongan untuk saling mengenal. Kebetulan dalam ada Mandailing, kita satu marga, satu irisan, satu ompung, wajar nggak kita dukung, kita satu darah," ucapnya.

Selain itu, Upa-upa Manggobak Tondi juga diharapkan sebagai media untuk memberitahukan kepada seluruh masyarakat Mandailing di Kota Medan untuk memilih Yasyir Ridho Loebis.

"Itulah yang kita ketuk hati masyarakat Mandailing yang 18 persen, orang Mandailing itu hanya satu, Yasyir Ridho Loebis. Yang bermarga Mandailing itu hanya dia, wajar dong didukung, saya sebagai Suhut dia dalam istilah Mandailing untuk memberikan dukungan kepada Yasyir Ridho untuk memenangkan pertarungan Pilkada Medan 2024," jelasnya.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi