APPERTI Sumut Gelar Seminar Nasional untuk Tingkatkan Tata Kelola Perguruan Tinggi Swasta

APPERTI Sumut Gelar Seminar Nasional untuk Tingkatkan Tata Kelola Perguruan Tinggi Swasta
APPERTI Sumut Gelar Seminar Nasional untuk Tingkatkan Tata Kelola Perguruan Tinggi Swasta (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Aliansi Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APPERTI) Sumatera Utara akan menggelar seminar nasional yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu, 19 Oktober 2024, di Auditorium Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Jalan SM Raja, Medan.

Ketua APPERTI Sumut, Ir Indra Gunawan, MP, bersama jajaran pengurus lainnya, yakni Wakil Ketua Supriyanto, SP, MSi, Sekretaris Dr. Wardayani, Bendahara Dato Seri Adil Freddy Haberham, SE, dan Wakil Sekretaris M. Taufik Nasution, SH, MH, mengungkapkan rencana tersebut dalam konferensi pers yang digelar di kantor Yayasan UISU.

Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman semua Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta (BP PTS) yang tergabung dalam APPERTI Sumut tentang tata kelola, baik dalam bentuk yayasan maupun perkumpulan. Acara ini juga berfungsi sebagai konsolidasi internal APPERTI Sumut pasca pelantikan pada 18 Mei 2024 dan untuk mempersiapkan rapat kerja APPERTI Sumut yang akan datang.

Acara seminar akan menghadirkan Menteri Hukum dan HAM RI, Dr. Supratman Andi Agtas, SH, MH, sebagai keynote speaker. Selain itu, sejumlah narasumber terkemuka akan turut membagikan wawasan, termasuk Dirjen AHU Kemenkumham RI, Cahyo Rahardian Muzhar, SH, Ilm., Direktur Badan Usaha-AHU Kemenkumham RI, Santun Maspari Siregar, SH, MH, serta Ketua Pembina APPERTI, Prof. M. Budi Djadmiko, Ketua Umum APPERTI, Prof. Mansyur Ramly, dan Sekretaris APPERTI Pusat, Dr. Sri Watini, MPd. Hadir pula Pimpinan Pusat Bank Syariah Indonesia, Dr. Vita Andrianty.

Dengan mengusung tema besar "Peran Strategis Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta dalam Mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 dari Perspektif Hukum", seminar ini dipastikan akan menarik perhatian Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumut, Gubernur Sumut, Sultan Deli, serta dosen dan rektor dari berbagai perguruan tinggi di wilayah LLDIKTI tersebut.

Indra Gunawan menekankan bahwa kehadiran APPERTI bertujuan untuk memberdayakan BP PTS dan bersama-sama maju dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa serta menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi oleh BP PTS.

Seminar nasional ini diharapkan dapat menjadi sarana penting bagi pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Sumatera Utara.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi