Survei Pilkada Tapsel: Gus Irawan Pasaribu Unggul 70% Lawan Dolly Pasaribu 30%

Survei Pilkada Tapsel: Gus Irawan Pasaribu Unggul 70%  Lawan Dolly Pasaribu 30%
Gus Irawan Pasaribu- Jafar Syahbuddin Ritonga (Analisa/istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pusat Kajian Pemilu dan Partai Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan survei pemilihan kepala daerah di Tapanuli Selatan (Tapsel). Survei dilakukan dengan dua pasang calon yaitu paslon nomor 1 Gus Irawan Pasaribu berpasangan dengan Jafar Syahbuddin Ritonga yang dikenal dengan Bagusi dan tagline Tapsel Kembali Bangkit, melawan pasangan nomor 2 Dolly Putra Parlindungan Pasaribu berpasangan dengan Parulian Nasution.

Menurut Ketua Puskapp Fisip USU Dr. Walid Mustafa, kepada media, Jumat (18/10/2024), survei ini digelar 1-5 Oktober 2024 dengan sampel representatif dari semua kecamatan yang ada di Tapsel. Mereka menanyakan 1.200 responden dengan margin error 3 persen pada tingkat kepercayaan 97 persen.

Survei yang dilakukan pada semua warga yang memiliki hak pilih juga menjangkau 50,3 persen laki-laki dan 49,7 persen perempuan dengan teknik wawancara berpedoman pada kuisioner.

Menurut Dr. Walid Mustafa, hasil survei itu menunjukkan jika pemilihan kepala daerah di Tapsel dilakukan hari ini Gus Irawan Pasaribu - Jafar Syahbuddin Ritonga unggul jauh. Mereka akan dipilih mayoritas responden dengan perolehan sebesar 70%. Sementara itu, pasangan Dolly Pasaribu – Parulian Nasution memperoleh 30%.

Hasil ini sejalan dengan top of mind survei. Pada top of mind ini hasil survei menunjukkan Gus Irawan menjadi pilihan utama responden dalam Pilkada Kabupaten Tapanuli Selatan dengan perolehan sebesar 50,6% dari seluruh responden yang akan memilih jika pemilihan dilakukan hari ini. Selanjutnya, menurut Walid Mustafa, untuk Dolly Pasaribu hanya memperoleh 23%. Sementara itu, 26,4% responden tidak menjawab atau menyatakan tidak tahu.

Ketika warga Tapsel ditanyakan seberapa kenal pada para calon maka Gus Irawan Pasaribu memiliki popularitas 93,8 persen kemudian Dolly Putra Parlindungan Pasaribu sebesar 95,2. Disusul keterkenalan para calon wakil Bupati Jafar Syahbuddin Ritonga dikenal oleh 37,4% responden, dan Parulian Nasution 31,4%

Puskappp USU juga menanyakan tentang kesukaan responden terhadap figur calon bupati dan wakil bupati. Lagi-lagi Gus Irawan Pasaribu memperoleh tingkat kesukaan tertinggi dibanding bupati petahana.

Dari 1.200 respon ada 942 yang menyatakan lebih menyukai Gus Irawan Pasaribu daripada Dolly Putra Parlindungan Pasaribu karena hanya 863 responden menyatakan suka terhadap bupati petahana itu serta ada 106 orang yang menyatakan tidak suka serta 173 mengaku tidak tahu dan tidak menjawab.

Kemudian tingkat kesukaan ini dususul Jafar Syahbuddin Ritonga memperoleh jumlah sebanyak 399 yang menyukai, 27 yang tidak suka, dan 23 yang tidak memberikan jawaban. Sementara itu, Parulian Nasution memiliki tingkat kesukaan terendah dengan 313 responden, 31 yang tidak suka, dan 33 yang memilih tidak tahu atau tidak menjawab.

Menurut Ketua Puskapp USU Dr. Walid Mustafa, sebanyak 70 persen responden telah mantap dengan pilihannya. Artinya pilihan mereka tidak akan berubah, kata Walid. Sementara itu 18% belum mantap dengan pilihannya dan 12% tidak menjawab/tidak tahu. “Tingginya pemilih yang sudah mantap pada pilihannya ini menunjukkan bahwa pasangan Dolly - Parulian nyaris mustahil mengejar ketertinggalannya yang sangat jauh dari pasangan Gus Irawan – Jafar Syahbuddin,” katanya.

(NS/BR)

Baca Juga

Rekomendasi