Juara Futsal dari Sumatera Bersiap Menuju Grand Final AXIS Nation Cup 2024

Juara Futsal dari Sumatera Bersiap Menuju Grand Final AXIS Nation Cup 2024
Juara Futsal dari Sumatera Bersiap Menuju Grand Final AXIS Nation Cup 2024 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Palembang - Sebanyak 9 tim futsal sekolah dari Sumatera telah bertanding di Babak Regional Final AXIS Nation Cup (ANC) 2024 di GOR Dempo Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (19/10).

Mereka telah berhasil melalui babak penyisihan yang panjang di masing-masing kota di Sumatera. Hasilnya, SMAN 4 Metro Lampung raih juara 1 di Babak Regional Final ANC 2024 yang akan mewakili tim futsal pelajar ANC 2024 dari Sumatera bertanding babak selanjutnya di Grand Final ANC 2024 di Indonesia Arena, GBK Jakarta, 16 November 2024 mendatang.

Delapan sekolah lainnya adalah SMA Labschool Unsyiah Banda Aceh, SMK TI Budi Agung Medan, SMAN 1 Padangsidempuan, MAN 2 Batam, SMA Negeri Olahraga - SKO (Sekolah Khusus Olahraga) Riau, SMA Negeri 1 Solok Selatan, SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Barat, dan SMAN 1 Tanjung Batu.

Tim-tim juara tersebut telah menyisihkan puluhan sekolah di masing-masing area, yaitu area Aceh, Medan, Tebing Tinggi, Batam, Pekanbaru, Padang, Jambi, Palembang, dan Lampung. Total ada 360 tim sekolah se-Sumatera yang mengikuti turnamen ini. Dengan total jumlah penonton hingga 80 ribu penonton selama pertandingan turnamen futsal pelajar di Sumatera.

Penyerahan hadiah pemenang Babak Regional Final ANC 2024 langsung diserahkan Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, Head of Sales XL Axiata West Southern Sumatra 1, Trisna Gunawan, Head of Sales XL Axiata West Southern Sumatra 2, Budi Utama Lubis, dan Event & Activation Youth Segment XL Axiata, Endang Astutiningsih kepada juara 1 tim putra, SMAN 4 Metro Lampung dan juara 2, SMK TI Budi Agung Medan di Kota Palembang.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, mengatakan, "Mereka adalah bibit-bibit muda yang memiliki motivasi tinggi untuk meraih prestasi. Karena itu, kami manajemen XL Axiata juga sangat antusias untuk memfasilitasi mereka mengejar impian, dengan menggelar turnamen futsal tingkat SMA terbesar di Indonesia ini. Kami berharap dapat berkontribusi dalam memacu prestasi olahraga di kalangan pelajar, sekaligus memperkuat brand positioning AXIS di segmen anak muda. Harapan kami juga, tim sekolah dari Sumatera bisa menjadi pemenang di babak Grand Final AXIS Nation Cup 2024 di Indonesia Arena, GBK Jakarta.”

Turnamen futsal di babak regional ini menerapkan sistem turnamen grup. Di Sumatera, pemenang babak penyisihan di setiap provinsi, bertanding mewakili provinsinya di babak regional yang berlangsung di Palembang, 19 Oktober 2024. Pemenang babak regional ini akan langsung bertanding mewakili region Sumatera di Grand Final.

Tim futsal putra SMAN 4 Metro Lampung sebagai juara 1 babak regional di Palembang akan mewakili sekolah dari region Sumatera. Selain tim putra terbaik, tim putri dari SMAN 10 Palembang dan SMK Ma’arif Purbolinggo, Lampung Timur akan menjadi perwakilan region Sumatera di babak grand final.

Total akan ada 12 tim putra dan 5 tim putri yang akan bertanding memperebutkan juara AXIS Nation Cup 2024 di babak grand final di Indonesia Arena, GBK Jakarta, 16 November 2024.

Kesembilan tim sekolah putra yang juara di provinsi masing-masing, berhak atas hadiah sebagai juara babak penyisihan berupa uang pembinaan sebesar Rp 6.000.000 dan untuk tim putri berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 3.000.000. Untuk wilayah Sumatera, babak penyisihan digelar sesuai dengan wilayah masing-masing, yaitu di Embassy Sport Center (Banda Aceh), GOR Futsal Disporasu (Medan), GOR Asber Nasution (Tebing Tinggi), Sporthall Temenggung Abdul Jamal (Batam), Gelanggang Olahraga Remaja (Pekanbaru), GOR Universitas Negeri Padang (Padang), GOR Kota Baru (Jambi), GOR Dempo Jakabaring (Palembang), dan Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Lampung (Lampung).

Tak hanya bisa mengikuti turnamen futsal, setiap sekolah di Jabodetabek juga berkesempatan mengikuti kompetisi lainnya untuk mewakili sekolahnya dalam ajang ini, yaitu supporter competition.

Seluruh peserta dari setiap sekolah yang sudah terpilih sebagai peserta dari kedua kompetisi ini, akan diseleksi dan ditentuka 1 tim terbaik dari 9 sekolah. Para pemenang supporter competition berhak meraih hadiah sebesar Rp 2.500.000

Secara nasional, AXIS Nation Cup 2024 hadir di 40 kota dan diikuti 1.650 sekolah dengan total 16.500 atlet dari berbagai penjuru Indonesia. Tak hanya itu, AXIS Nation Cup 2024 juga menambahkan kategori baru yaitu Futsal Putri.

Tersedia total hadiah senilai Rp 870 juta bagi para pemenang. Selain hadiah uang tunai, ada juga hadiah berupa kesempatan untuk mengikuti program camp di salah satu klub sepakbola ternama bagi lima pemain terbaik di ajang ini.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi