MoU AMD Indonesia dan Aptikom, Tingkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi Bidang Informatika dan Komputer

MoU AMD Indonesia dan Aptikom, Tingkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi Bidang Informatika dan Komputer
Brando Lubis, Commercial Lead AMD Indonesia melakukan penandatangan Nota Kesepahaman dengan Prof Dr.rer.nat. Achmad Benny Mutiara, S.Si., S.Kom. pada kesempatan acara Rakornas bertempat di salah satu hotel di Medan, Jumat (25/10/2024). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - AMD Indonesia menjalin kerja sama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) ditandai dengan penandatanganan atau Memorandum of Understanding (MoU). Penandatanganan itu dilakukan Commercial Lead AMD Indonesia Brando Lubis dan Ketua Umum Aptikom Prof Dr rer nat Achmad Benny Mutiara SSi SKom, di sela-sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Aptikom, di Hotel Santika Dyandra Medan, Jumat (25/10/2024).

Brando Lubis mengatakan MoU dengan Aptikom beserta sejumlah universitas yang berada dalam naungan Aptikom.

Menurutnya, latar belakang inisiasi AMD untuk mengambil bagian dalam penandatanganan MoU atau nota kesepahaman pada kesempatan acara Rakornas tersebut adalah fakta, bahwa capaian sumber daya manusia yang handal di bidangnya tentu tak lepas dari kualitas perguruan tinggi.

"Karena itu, perguruan tinggi perlu melakukan sinergi peningkatan kualitas pendidikan dengan berbagai pihak, baik itu pemerintah maupun swasta sehingga dapat mendukung kualitas dari lulusan sumber daya manusia untuk mampu bersaing di tengah gempuran persaingan ketat saat ini," ujar Brando Luis.

Kerja sama ini, lanjutnya, merupakan program berkesinambungan di mana tahun lalu telah terselenggara di Malang.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dimaksudkan untuk membentuk wadah sarana komunikasi, koordinasi, dan pendampingan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan tinggi bidang informatika dan komputer di Indonesia melalui pengajaran, penelitian, program pengabdian kepada masyarakat dan penyediaan SDM," ungkap Brando Luis.

"Selain itu, juga sebagai awal penanda simbolis kerja sama AMD dengan Aptikom untuk bersinergi bersama dalam hal mengoptimalkan potensi sumber daya manusia sehingga nantinya mampu terjun langsung dengan memberikan kontribusi nyata di masyarakat," ujarnya.

Dijelaskannya, hal tersebut merupakan salah satu bagian komitmen dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pemberdayaan dan pengabdian masyarakat.

"AMD Indonesia mendukung penuh program Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dijalankan oleh Aptikom dengan sejumlah universitas melalui koordinasi terkait pelaksanaan program yang tepat.

Di samping itu, melalui kerja sama ini juga diharapkan adanya sinergi berbagai program lainnya untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan tinggi informatika dan komputer di Indonesia. "Khususnya implementasi teknologi yang sejalan dengan komitmen AMD untuk terus berinovasi sehingga mampu mewujudkan sumber daya yang handal di bidangnya," ungkapnya

Sementara itu, Ketua Umum Aptikom Prof Dr rer nat Achmad Benny Mutiara menyampaikan, kerja sama ini nantinya juga terkait pengembangan Artificial Intelligence (AI) di perguruan tinggi. "Pengembangan AI diharapkan pula dapat membuka lapangan pekerjaan baru yang nantinya juga didukung oleh AMD," ujarnya.

(DEL)

Baca Juga

Rekomendasi