Perusahaan Bus Matangkan Persiapan Jelang Mudik

Analisadaily (Medan) - Sejumlah perusahaan transportasi darat, khususnya armada bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP), terus mematangkan persiapan menyambut arus mudik lebaran tahun ini.

Salah satu Perusahaan Otobus (PO) yang sudah melakukan persiapan mudik lebaran adalah PO Kurnia dan PMTOH.

Untuk PO Kurnia yang tergabung bersama dengan PO Anugerah dan Pusaka, sudah disiapkan puluhan unit armada untuk arus mudik lebaran 2017.

"Lebaran tahun ini kami menyiapkan sekitar 30-an unit bus, termasuk di dalamnya armada bus jenis baru. Namun jika ada lonjakan penumpangan, kami juga akan menyediakan bus cadangan," kata Humas PO Kurnia-Anugerah-Pusaka, Sumantraji, kepada Analisadaily.com, Senin (12/6).

Sumantraji menjelaskan, untuk harga tiket pihaknya belum memastikan kenaikan. Pasalnya, kenaikan harga menunggu keputusan organda.

"Soal harga kita masih tunggu keputusan dari organda, biasanya itu naik 15-20 persen, itu pun belum pasti. Saat ini sudah ada 60 persen tiket lebaran yang sudah dipesan," pungkasnya.

Sementara karyawan PMTOH, Irwan menjelaskan, tahun ini pihaknya tidak menambah jumlah armada bus. Mereka hanya fokus pada perbaikan armada dan memberikan kenyamanan penumpang.

"Kalau tipe penumpang ke Aceh itu lebih suka bus yang bagus dan nyaman. Itu kenapa kami lebih fokus kepada perbaikan. Armada kami sudah berumur, jadi biar bagus semua," ucapnya.

Lanjut Irwan, saat ini pihaknya mengoperasikan belasan unit bus ke Aceh dan Pulau Jawa. Namun untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, akan dioperasikan armada cadangan.

"Biasanya H-7 sudah mulai ramai. Tapi puncaknya pada H-2 dan itu kebanyakan tujuan ke Aceh," tandasnya.

(AA)

Baca Juga

Rekomendasi