JK-Wapres Komisi UE Bahas Ekonomi

Jakarta, (Analisa). Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla me­lak­sanakan pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Pertama Komisi dan Komi­sioner Uni Eropa, Frans Timmermans di Ge­dung Berlaymont, Kamis (18/10) pukul 17.00 waktu setempat membicarakan hubu­ngan kerja sama ekonomi Indonesia-Uni Eropa.

“Kita dengan Uni Eropa membicarakan tentang hubungan ekonomi yang membahas masalah CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement) dengan Uni Eropa dan juga masalah-masalah tentang perdaga­ngan, perdagangan sawit dan segala macam­nya,” kata Wapres di Brussel, Belgia, Kamis malam, seusai menghadiri pembukaan KTT ASEM ke-12.

Wapres diterima Frans di ruang kerjanya, yang berlangsung sekitar 30 menit. “Yang je­las dalam kaitan ini kan Indonesia membu­tuhkan Eropa dan Eropa juga memerlukan In­donesia,” kata Wapres dalam keterangan pers yang diterima Jumat.

Dalam situasi saat ini, perekonomian global yang semakin tidak pasti, Asia dengan Eropa harus bekerja sama.

“Karena Amerika sulit untuk diterka, ‘uncertainty’, terlalu banyak ketentuan dan juga Eropa mengalami hal yang sama, karena itulah maka kita berbicara bahwa hubungan kita dengan Eropa harus lebih baik dengan Asia ini,” jelas Wapres.

Usai bertemu dengan Wapres Pertama Ko­misi Eropa, pertemuan bilateral kedua di­ada­kan di Gedung Europa, satu jam kemu­dian.

Wapres menerima kedatangan Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipars. Tujuannya sama yakni membahas kerjasama ekonomi.

Dalam kedua pertemuan ini, Wapres di­dampingi Wakil Menteri Luar Negeri Mu­ham­mad Fachir dan Kepala Sekretariat Wa­pres Muhammad Oemar. (Ant)

()

Baca Juga

Rekomendasi