Kreativitas dan Produktivitas Mustahik Dalam Berwirausaha Ditingkatkan

Analisadaily (Medan) - Laznas Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) memberikan pembinaan dan bimbingan mustahik melalui program IZI to Sucses. Program ini merupakan pemberdayaan mustahik dalam wirausaha. 

Kepala IZI Kantor Wilayah Sumatera Utara, Iqbal mengatakan, semua orang berhak untuk sukses, berhak untuk bahagia, termasuk semua asnaf yang disantuni dan dilatih. Tinggal bagaimana semangat ikhtiyar mustahik berusaha. 

"Untuk menopang itu, mesti tahu cara sukses dan bahagia, lewat itulah kita fasilitasi mustahik agar ikut pelatihan hard skill maupun soft skill," katanya, Jumat (30/11).

Bidang Pendayagunaan IZI, Rehan menuturkan, program pembinaan di IZI Sumut sangat intens dilakukan. Mereka ada binaan kaum ibu menjahit, para penerima beasiswa, dan lapak berkah.

"Kelompok menjahit ini sekitaran 20 orang dilatih dari nol sampai pandai mandiri menjahit, alhamdulillah di antara mereka sudah ada buka sendiri," tuturnya.

"Begitu juga lapak berkah (pelaku usaha kecil menengah) selalu kita dampingi dan kasih stimulus motivasi usaha dan spiritual keagamaan. Adapun penerima manfaatnya sekitar 20 orang juga," sambung Rehan.

Saat workshop berlangsung, para peserta sangat antusias untuk menambah wawasan pendalaman tentang dunia usaha salah satunya pengembangan usaha lewat sinergi positif, berjejaring dan saling memberdayakan. 

Salah satu peserta, Irma mengucapkan terima kasih diberi kesempatan untuk mendalami ilmu usaha, keuangan dan pengembangan usaha mikro langsung dari pakar dan pelaku usaha.

"Saya sangat berterima kasih kepada IZI Sumut juga Muzakki yang mensupport usaha saya dengan pemberian modal, pendampingan dan pelatihan-pelatihan bagi kami," tambahnya.

(JW)

Baca Juga

Rekomendasi