Karnaval Budaya Sambut Hari Sumpah Pemuda

karnaval-budaya-sambut-hari-sumpah-pemuda

Pekanbaru, (Analisa). Ratusan pelajar dan mas­ya­rakat Riau mengikuti  karnaval kebudayaan Riau di Pekanbaru, Sabtu (19/10) dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pe­muda.

Peserta pawai tersebut mewakili kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau de­ngan menampilkan pakaian  adat masing-masing wilayah.

Ribuan warga juga tumpah ruah di Jalan Gajah Mada Pekanbaru untuk menyak­sikan aneka penam­pilan pakaian adat yang dikenakan setiap perwakilan daerah itu.

Acara itu dibuka Gubernur Riau Syamsuar dengan di­dam­pingi Wakil Gubernur Edy Natar Nasution, Penjabat Sekda Riau Ahmad Syah Harrofie, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya, Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Mohammad Fadjar, Dan­la­nud Roesmin Nurjadin Mars­ma TNI Ronny Irianto, Wali Kota Pekanbaru Firdaus dan pejabat lainnya.

“Karnaval ini bertujuan untuk menjaga kesatuan dan persatuan masyarakat serta  untuk memotivasi semangat berbudaya di kalangan pene­rus bangsa,” kata Gubri.

Sebelumnya Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Syah Harrofie mengatakan kegiatan ini juga untuk memberikan motivasi gene­rasi milenial dalam mem­per­tahankan dan meng­embang­kan seni budaya khas Riau.

“Untuk melestarikan bu­daya Riau, kita memberi ke­sempatan kabupaten dan kota di Riau berperan aktif,” kata Ahmad Syah.

Dengan adanya Karnaval Kebuda­yaan Provinsi Riau tahun ini, lanjutnya, diha­rap­­kan masyarakat mampu men­jaga persatuan dan kesa­tuan serta me­nambah moti­vasi semangat berbu­daya di kala­ngan generasi penerus bangsa.

Pada acara ini pula, ada pawai mobil hias beraneka bentuk yang berakar pada kearifan lokal budaya Mela­yu Riau.

Peserta pawai menyusuri sejumlah ruas jalan dengan titik kumpulan karnaval dipusatkan di Jalan Gajah Mada, lalu melewati Jalan Diponegoro, Jalan Kartini, Jalan Jendral Sudirman hingga kembali ke Jalan Gajah Mada. (Ant)

()

Baca Juga

Rekomendasi