159 CCTV Dipasang di Ruas Tol Medan-Tebing Tinggi

159-cctv-dipasang-di-ruas-tol-medan-tebing-tinggi

Analisadaily (Medan) - Persiapan arus mudik Lebaran 2019 terus dibenahi oleh pengelola ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT). Mereka juga memasang 159 CCTV untuk memantau kelancaran arus lalu lintas.

Direktur Operasional Ruas Tol MKTT, Agus Cholid mengatakan, jalan tol Medan-Tebing Tinggi yang memiliki panjang 62 kilometer tersebut telah di pasang CCTV sebanyak 159 kamera.

"Jadi, 159 kamera itu dipasang di setiap titik. Jaraknya dari satu titik ke titik yang lainnya berjarak 500 meter," katanya, Sabtu (1/6).

CCTV tersebut akan terhubung ke satu monitor yang disebut MATRIC (Monotoring Active Traffic Information Center). Petugas dapat memonitoringnya apabila ada terjadi kepadatan volume kendaraan.

"Dari situ kita mengetahui mana yang nantinya padat volume kendaraan dan yang tidak. Selain itu juga kami siapkan petugas di titik-titik yang rawan kepadatan kendaraan," jelasnya.

Direktur Operasional Ruas Tol MKTT, Agus Cholid, memantau CCTV dari ruang MATRIC. (jw)

Direktur Operasional Ruas Tol MKTT, Agus Cholid, memantau CCTV dari ruang MATRIC. (jw)

Agus juga menambahkan, untuk melancarkan proses pembayaran pada pintu tol, pihaknya akan menyediakan mobile reader. Alat ini dioperasikan dengan harapan antrian-antrian panjang tidak terjadi lagi di pintu tol untuk transaksi.

"Kita sudah menyiapkan mobile reader bilamana terjadi antrian panjang," pungkasnya.

Data yang diperoleh menyebutkan kenaikan volume kendaraan menggunakan ruas tol MKTT terus terjadi. Peningkatan terjadi sejak H-10. Volume kendaraan yang menggunakan ruas tol MKTT sudah mencapai 32 ribu dan diprediksi terus naik hingga masa puncak arus mudik.

(JW)

Baca Juga

Rekomendasi