Halalbihalal Pomdam I/BB dan HUT ke-73 Pomad

Wujudkan Polisi Militer Profesional dan Modern

wujudkan-polisi-militer-profesional-dan-modern
Medan, (Analisa). Pomdam I/Bukit Barisan menggelar peringatan HUT ke-73 Polisi Militer Angkatan Darat (Pomad) sekaligus halalbihalal Idulfitri di Syawal bersama keluarga besar di Mapomdam I/BB Jalan Sena Kota Medan, Senin (24/6). Momentum 75 tahun sebagai semangat menjadikan korps Pomdam lebih profesional dan modern.

Para perayaan HUT ke-73 dan halalbihalal turut diikuti seluruh anggota Pomdam I/BB, para purnawirawan dan warakauri beserta keluarga besar Pomdam I/BB. Turut hadir Pangdam I/BB Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah beserta staf ahli dan sejumlah pejabat Kodam I/BB serta Deputi I Bidang Intelejen Luar Negara BIN Mayjen TNI Chandra W Sukotjo, MSc.

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah dalam sambutannya menyampaikan, korps polisi militer ini punya banyak kiprah dalam sejarah TNI Angkatan Darat dan juga memajukan dunia militer. Ia menjelaskan, Pom merupakan satuan yang menjaga marwah TNI terkait kedisiplinan, tertib, taat dan memahami hukum. “Polisi militer ini berperan penting dalam memajukan dan membangun TNI khususnya TNI Angkatan Darat itu luar biasa,” ujarnya.

“Tentara itu identik dengan disiplin, tertib dan memahami hukum serta tertib. Tentara itu bukan orang yang tak patuh hukum tapi orang-orang yang mengerti dan patuh hukum. Sehingga disiplin dan tertib itu menjadi bagian yang tak terpisahkan. Justru itu yang membangun TNI dan TNI-AD. Dan itu salah satu tugas Pom untuk menjaga marwah TNI, menjaga internalnya,” ujarnya.

Menilik kesejarahan, korps ini banyak menghasilkan pejuang-pejuang pahlawan. Korps ini juga tidak terpisahkan dari cikal bakal Paspampres. “Untuk itu, harapan kita untuk korps POM yang punya banyak peran ini agar terus memahami dan setiap individunya menjadi penjaga dan menjadi pagar bagi setiap prajurit. Terus bergerak maju, menjadi TNI Angkatan Darat yang profesional dan modern,” harapnya.

Di sela-sela sambutannya ia menggaungkan slogan Pom sembari menyampaikan selamat atas ulang tahun korps ini. “Satya Wira Wicaksana, bersyukur dan berbahagialah, karena korps ini yang membesarkan TNI dan menjaga marwahnya prajurit. Dirgahayu,” ucapnya.

Danpomdam I/Bukit Barisan, Kolonel Cpm Sudarma Setiawan dalam sambutannya menyampaikan syukur dan terima kasih atas rezeki yang Allah berikan sehingga bisa melaksanakan kegiatan syukuran HUT ke-73 sekaligus halalbihalal di bulan baik ini. Sesuai dengan tema diangkat, ia bertekad agar prajurit Pomad benar-benar bisa menjadi prajurit yang lebih profesional dan modern.

Hal itu ia jelaskan terkait dengan perkembangan informasi dan teknologi yang juga mempengaruhi kinerja keprajuritan. “Tantangan sangat luar biasa kita hadapi di zaman sekarang ini misal terkait dengan perkembangan zaman dan teknologi. Kita juga harus mengikuti dan memahami perkembangan itu, agar tidak terpojok ke hal-hal yang tidak kita inginkan. Sehingga kita bisa menjadi korps pom yang profesional dan modern yang dibanggakan,” jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan kue tart sebagai tanda ulang tahun dan syukuran pada momen penuh kebaikan itu. Nuansa kekeluargaan yang kental juga begitu terasa di jajaran prajurit Pomdam I/BB. Kemudian dilanjutkan dengan makanan bersama dan hiburan setelah diawali dengan foto bersama. (amad)

()

Baca Juga

Rekomendasi