Puluhan Ha Kebun dirusak Gajah

puluhan-ha-kebun-dirusak-gajah

Idi, (Analisa). Kawanan gajah liar kembali meru­sak puluhan hektare (Ha) kebun warga di Desa Seneubok Bayu, Kecamatan Indra Makmu, Kabupaten Aceh Timur, Ka­mis (22/8) sekitar pukul 01.00 WIB. Selain kebun, gajah juga meru­sak satu unit gubuk milik petani setempat.

"Sekitar 30 ekor gajah liar itu masuk ke lahan warga sekitar pukul 01.00 WIB dini hari. Puluhan hektare kebun itu milik tiga warga desa," ujar M Irwandy kepada wartawan, Jumat (23/8).

Pemilik kebun yaitu Abdul Rah­man, Saniah dan Nyak Nda. Akibat amu­kan gajah itu kerugian diperkira­kan mencapai puluhan juta rupiah. Me­nurut Wandy, lokasi amukan gajah ter­sebut sekitar 4 Km dari parit penga­man gajah (barir).

"Kita menilai parit pengaman gajah dibangun tidak efektif untuk menga­n­ti­sipasi serangan gajah ke kebun war­ga, diduga pekerjaan parit kurang baik dan terkesan asal jadi," tambah Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Kecamatan Indra Makmu itu.

Nyak Nda mengatakan, daerah itu menjadi langganan amukan gajah liar tiap tahunnya. Ia mengaku sudah sangat trauma untuk berkebun, karena pe­ris­tiwa amukan gajah terjadi beru­lang kali. "Kami para petani sudah sa­ngat tra­uma untuk berkebun, karena hal seru­pa telah terjadi berulang kali setiap ta­hunnya," ujarnya.

Demi kesejahteraan para petani, war­ga di daerah perdalaman Indra Mak­mu sangat berharap adanya tinda­kan serius dari pemerintah terkait masalah tersebut. (bsr)

()

Baca Juga

Rekomendasi