Tiongkok Bebaskan AS dari Tarif Tambahan

tiongkok-bebaskan-as-dari-tarif-tambahan

Beijing, (Analisa). Pemerintah Tiongkok membebaskan tarif impor tambahan atas 16 jenis barang  Amerika Serikat (AS), Rabu (11/9), ke-16 jenis barang yang dibebaskan dari tarif tambahan, antara lain produk turunan susu, tepung ikan untuk pakan ternak, dan beberapa pelumas.

Pembebasan tarif tersebut akan diberlakukan mulai 17 September 2019 dan berlaku selama satu tahun hingga 16 September 2020 mendatang.

Kementerian keuangan Tiongkok menyebutkan, barang-barang AS yang masuk ke daftar pembebasan tarif tambahan akan diumumkan di situs pemerintah. 

Menurut, Menteri keuangan Tiongkok Gao Hucheng tindakan ini dilakukan sebagai penanggulangan langkah-langkah US Section 301, meskipun sebenarnya Tiongkok ingin membalas tarif impor yang diberlakukan AS lebih dulu. Pemerintah AS dan Tiongkok sendiri berencana akan memulai kembali perundingan dagang di Washington, AS, pada awal Oktober 2019.

Dalam kesempatan itu, Kementerian Perdagangan Tiongkok menyebutkan, bahwa para petinggi kedua negara tersebut telah sepakat untuk bekerja sama dan menciptakan kondisi yang saling menguntungkan. Kedua pihak akan menjaga komunikasi yang erat jelang perundingan tiba. (Rtr/sanz)

()

Baca Juga

Rekomendasi