Program Pengabdian Masyarakat untuk Masyarakat TPA

program-pengabdian-masyarakat-untuk-masyarakat-tpa

Medan, (Analisa). Masyarakat yang tinggal di Jalan Marelan Raya Pasar V TPA Terjun, Renggas Pulau, Medan Marelan bersyukur bukan kepalang.

Hari itu, Minggu (1/9) masyarakat di sana mendapatkan layanan kesehatan gratis, bazar baju layak pakai gratis, pembagian sembako gratis, dan mendapatkan pengeta­huan gratis perihal ekobrik.

Program pengabdian masyarakat yang diselenggarakan Laz Rumah Yatim, dibantu oleh Komunitas Sahabat Alam (Salam) Sumatera Utara beserta Akbid Nusantara 2000 ini  pun direspon positif oleh masyarakat yang tinggal di sana.

Setidaknya tercatat sebanyak 200 orang lebih yang mendapatkan bantuan pada hari itu.

Hal ini diungkapkan Founder Salam Sumut Lukman, kegiatan ini seminimnya menargetkan dan menyasarkan agar  tercukupinya kebutuhan sehari-hari masyarakat di sana.

“Termasuk mengetahui kondisi kesehatan masya­rakat dan bisa mengubah sampah yang tak berharga menjadi berharga,” bebernya kepada Analisa, belum lama ini.

Ditegaskannya bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dari Laz Rumah Yatim untuk melihat lokasi, situasi dan kondisi warga yang tinggal  di sekitar  TPA. Dalam kegiatan ini Salam berkontribusi untuk menge­dukasi masyarakat tentang ekobrik.

Diakuinya cukup banyak warga yang tidak tahu tentang ekobrik. Namun justru melihat kondisi sampah yang semakin lama kian menggunung di TPA Air Terjun, maka sudah saatnya masyarakat di sana diedukasi mengenai ekobrik.

“Kalau tidak diantisipasi dari sekarang pasti sampah akan  terus  menggunung, bahkan semakin mendekati area pemukiman warga,” bilangnya.

Terlepas itu, menurut Lukman saat ini yang paling dibutuhkan adalah perhatian masyarakat agar bisa me­manfaatkan sampah.

Dengan begitu masyarakat tak lagi membuang sampah sembarangan. Termasuk mengedukasi tentang ekobrik.

“ Target kami sederhana (Salam dan Rumah Yatim) akan buat kampung Ekobrik di TPA  Air Terjun. Dengan begitu masyarakat bisa punya penghasilan lebih dari ekobrik, semisal membuat kursi, meja dan lain seba­gainya. (del)

()

Baca Juga

Rekomendasi