MABMI Doakan Rolel Harahap Jadi Wakil Wali Kota Medan

MABMI Doakan Rolel Harahap Jadi Wakil Wali Kota Medan
Rolel Harahap bersama Keluarga Besar Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Kota Tanjungbalai di Sekretariat MABMI Tanjungbalai, Jalan Arteri Resto Raja Bahagia, MInggu (8/12) (Analisadaily/Reza Perdana)

Analisadaily (Medan) - Rolel Harahap memiliki hubungan yang tak terpisahkan dari entitas Melayu, khususnya Kota Medan. Sebagai seorang yang berpengalaman di pemerintahan, Rolel diharapkan bisa maju di Pilkada Medan 2020.

Harapan itu tercetus dalam silaturahmi Rolel Harahap bersama Keluarga Besar Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Kota Tanjungbalai. Silaturahmi digelar di Sekretariat MABMI Tanjungbalai, Jalan Arteri Resto Raja Bahagia.

"Kami doakan salah seorang Penasehat kami Tuan Rolel Harahap untuk maju pada Pilkada Kota Medan tahun 2020. Kami juga akan menyampaikan dan berkomunikasi dengan Ketua Umum PB MABMI Dato' Seri H Syamsul Arifin SE di Medan," kata Ketua PD MABMI Tanjungbalai, Delima, Minggu (8/12).

Kata Delima, sosok Rolel Harahap memiliki hubungan yang tak terpisahkan dengan entitas Melayu Tanjungbalai yang juga banyak berdomisili di Kota Medan.

Menurut Delima, majunya Rolel Harahap di Pilkada Medan diharapkan bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat Melayu yang banyak tersebar di Kota Medan.

"Tuan Rolel Harahap hidup dan besar dalam balutan budaya melayu. Mulai lahir, khitanan, kawin dan punya anak semuanya pakai adat melayu," ungkap Delima.

Bahkan saat menjadi Wakil Walikota Tanjungbalai, Rolel dinilai sangat peduli dengan budaya dan masyarakat Melayu.

"Itulah sebabnya kita daulat Tuan Rolel sebagai penasihat MABMI. Sekarang penasihat kita ini berniat maju di Pilkada Kota Medan, mari kita doakan," papar Delima.

Mengenakan Teluk Belanga, kehadiran Rolel Harahap disambut Ketua PD MABMI Tanjungbalai didampingi Sekretaris Lian Rangkuti, Wakil Ketua, Ucok Roufdi, Bendahara Dahwiyani, dan beberapa pengurus lainnya.

Rolel yang sudah resmi mendaftar sebagai bakal calon Wakil Wali Kota Medan di DPD Partai Golkar Medan, dinilai punya modal pengalaman memimpin di Tanjungbalai sebagai Kota Pusat Kerajaan Melayu Islam Kesultanan Asahan yang ramai dihuni kaum perantau.

Hal itu mirip dengan Kota Medan sebagai Pusat Kerajaan Melayu Kesultanan Deli yang kini masyarakatnya heterogen kaum perantau.

"Tuan Rolel adalah tokoh yang aktif mempererat hubungan Pemko Tanjungbalai dengan Kesultanan Asahan. Saat menjadi Wakil Walikota Tanjungbalai, beliau terus menjalin hubungan dengan Tengku Yose Rizal Perdana Menteri Kesultanan Asahan sebagai perwakilan Sultan Dr Kamal Abraham Abdul Jalil Rahmadsyah," terang Wakil Ketua MABMI Tanjungbalai, Ucok Roufdi.

Sementara pandangan juga diutarakan Sekretaris MABMI Tanjungbalai, Lian Rangkuti.

"Sama seperti saya keseharian Tuan Rolel Harahap adalah hidup sebagai orang Melayu. Di sini berlaku pantun, bukan kapak sembarang kapak, kapak dipakai pembelah kayu, bukan batak sembarang batak, batak yang hidupnya bak orang melayu," ungkap Lian Rangkuti.

Sebagai pihak yang memiliki hubungan dekat, MABMI Tanjungbalai mengenal betul sosok dan latarbelakang Rolel Harahap.

"Saya pribadi kenal betul. Tuan Rolel Harahap juga akrab dengan masyarakat perantau dari berbagai etnis, termasuk asal Tabagsel (Tapanuli bagian Selatan). Rolel Harahap aktif di organisasi Ika Tabagsel, bersama pengurus lainnya mempelopori berdirinya Gedung Sopogodang sebagai pusat kegiatan masyarakat Tanjungbalai asal Tabagsel," ungkap Lian Rangkuti.

Sementara itu di akhir pertemuan, Rolel menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran pengurus PD MABMI Kota Tanjungbalai.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi