Akhyar Pantau Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional

Akhyar Pantau Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional
Akhyar Nasution mengunjungi pasar tradisional (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily (Medan) - Pelaksana tugas (Plt) Walikota Medan, Akhyar Nasution, meninjau sejumlah pasar tradisional. Peninjauan dilakukan guna memantau ketersediaan bahan makanan pokok dalam menyambut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Akhyar beserta rombongan mengecek harga kebutuhan pokok sekaligus melihat kondisi pasar. Adapun pasar yang dikunjunginya yakni Pasar Sei Sikambing dan Pasar Marelan.

Pertama, Akhyar beserta rombongan mengunjungi Pasar Sei Sikambing. Saat memasuki pasar, Akhyar sedikit kecewa melihat kondisinya. Ia langsung menuju lokasi TPS (Tempat Pembuangan Sampah), kemudian mengecek kondisi dalam pasar.

"Suplai bahan pangan masih tersedia, harga juga relatif stabil. Hanya satu atau dua bahan pokok saja yang mengalami kenaikan harga, dan masih dalam batas wajar," kata Akhyar, Jumat (20/12).

Kemudian Akhyar berkomunikasi dengan para pedagang terkait masalah kebersihan dan kelancaran dalam melakukan kegiatan jual beli. Akhyar langsung menyahuti keluhan mereka terkait sepinya konsumen yang datang.

Akhyar juga meminta kepada PD Pasar agar lebih memperhatikan kondisi pasar apalagi terkait ventilasi udara yang minim, sehingga membuat kurang nyamannya masyarakat yang hendak berbelanja karena suasana pengap.

"Pasar kita juga harus cantik, harus dirawat dengan sebaik-baiknya sehingga masyarakat beramai-ramai datang berbelanja karena nyaman berada di pasar ini," tegasnya.

Selanjutnya Akhyar beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Pasar Marelan. Saat tiba di Pasar Marelan, Akhyar mendengarkan keluhan dari para pedagang yang tidak mendapatkan kios seperti pedagang lainnya.

"Terkait kios akan kami cek kembali, para pedagang yang telah terdaftar tidak usah khawatir. Sebab pedagang yang telah terdaftar pasti sudah memiliki kiosnya sendiri," jelas Akhyar.

Dari hasil peninjauan diketahui harga bahan pokok masih relatif stabil. Harga cabai merah bekisar Rp 36.000/kg, cabai rawit Rp 28.000/kg, tempe Rp 5000/papan, ayam potong Rp 33.000 - Rp 34.000/kg, daging sapi Rp 110.000/kg, dan minyak curah Rp 12.000/liter. Telur ayam eropa yang sebelumnya berkisar Rp 1.300/butir naik menjadi Rp 1.500/butir.

(RZD/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi