Bunga Rafflesia Tuan Mudae Salah Satu Terbesar di Dunia

Bunga Rafflesia Tuan Mudae Salah Satu Terbesar di Dunia
Bunga Rafflesia Tuan Mudae (Yuli Seperi/Caters News Agency/Daily Mail)

Analisadaily.com, Sumatera Barat - Bunga merah cerah berbau daging busuk, yang disebut Raflesia Tuan-Mudae, telah mekar di Indonesia. Ukuran bunga langka ini lebih dari tiga kaki atau 117cm, menjadikannya salah satu bunga terbesar di dunia.

Rafflesia ini memiliki kelopak besar dan berkembang selama satu pekan di hutan cagar alam di desa Marambuang Nagarai Barini di Sumatera Barat, Indonesia. Bunga itu adalah yang pertama dari kelompok lima bunga yang diperkirakan mekar.

Dilansir dari Daily Mail, Senin (6/1), bunga besar yang disebut Rafflesia Tuan-Mudae ini memiliki lebar 46 cm atau 117 cm, yang terbesar dari spesiesnya yang pernah tumbuh.

Rafflesia adalah nama sekelompok besar tanaman yang semuanya berbau daging busuk untuk menarik lalat dan kumbang bangkai.

Tumbuhan hidup sebagai parasit pada tanaman merambat, tetapi hanya mekar selama beberapa hari pada suatu waktu. Ini menerbangkan mereka mengerumuni bau busuk dan menyerbuki bunga dalam umur pendek.

Semua tanaman Rafflesia berbau seperti daging busuk, dan spesies khusus ini memiliki bau yang relatif ringan. Tanaman lain dalam genus dapat tumbuh semakin besar dan satu, Rafflesia Arnoldii, menginspirasi karakter Pokemon Vileplume.

Ade Putra, dewan konservasi Indonesia mengatakan, untuk jenis spesies ini, diameternya cukup besar. 'Pada 2017, kami menemukan bunga yang sama dengan diameter 107cm,” ucap Ade.

Menurut Ade, berdasarkan catatan dan dokumentasi ilmiah, ukuran diameter yang ditemukan bulan lalu, adalah yang terbesar dari 31 jenis bunga Rafflesia di dunia.

Editor:  Christison Sondang Pane

Baca Juga

Rekomendasi