Edy Rahmayadi: Jaga Kelestarian Hutan di Sumatera Utara

Edy Rahmayadi: Jaga Kelestarian Hutan di Sumatera Utara
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi bersama Kapolda Sumatera Utara, Irjen Panca Putra Simanjuntak usai apel kesiapan penanggulangan bencana kebakaran hutan, Jumat (12/8). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, mengatakan apel kesiapan kebakaran hutan dan lahan suatu tahapan penting untuk mengingatkan perlunya upaya memelihara kelestarian hutan dan lahan di Sumatera Utara.

Karena, kata dia, Indonesia salah satu paru-paru dunia setelah negara Brazil dan Kongo yang menunjukkan upaya menjaga kelestarian hutan dan lahan merupakan bagian dari upaya pelestarian dunia.

Berdasarkan data yang ada pada semester pertama, tahun 2022 terdapat 206 hotspot dan 156 kejadian kebakaran hutan dan lahan di provinsi Sumatera Utara hal tersebut mengalami peningkatan sebanyak 36 titik bila dibandingkan dengan semester satu tahun 2021.

"Peningkatan hotspot yang cukup tinggi terjadi dalam kurun waktu beberapa hari terakhir, terdapat 212 titik api di wilayah Sumatera Utara untuk periode 1-9 Agustus 2022," kata Edy saat apel kesiapan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan di Apron Carli, Lanud Soewondo Medan, Jumat (12/8).

Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Irjen Panca Putra Simanjuntak, mengatakan dengan menggunakan satelit dan aplikasi yang ada di Polda Sumatera Utara ditemukan ada 315 yang benar-benar ada titik apinya dengan klasifikasi low, midle dan high.

"Dari jumlah kasus tersebut sudah melakukan penegakan hukum pada masyarakat. Ada 11 tersangka yang diproses. Namun lebih mengutamakan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat agar tidak membersihkan lahan dengan cara membakar karena kondisi cuaca panas dan cukup kering.

"Mohon bantuan teman-teman media, mudah-mudahan langkah yang kita lakukan bisa mengedukasi masyarakat agar saat membersihkan lahan dengan cara yang bijak jangan membakar karena berbahaya di kondisi cuaca seperti saat ini," kata Panca.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi