Tarik Pukat, Merawat Tradisi Warisan Leluhur

Tarik Pukat, Merawat Tradisi Warisan Leluhur
Tarik Pukat (Analisadaily/Fakhrur Razi)

Analisadaily.com, Aceh - Aceh, provinsi paling barat Indonesia menyimpan banyak tempat wisata, mulai dari wisata kuliner, wisata religi, dan wisata panorama alam, serta pantainya yang indah. Selain dijuluki sebagai negeri 1001 warung kopi, Aceh juga di juluki surganya wisatawan.

Salah satu incaran pelancong bila ke Aceh adalah pantai. Negeri Serambi Mekah ini sangat banyak objek wisata pantai yang memesona. Daerah pesisir yang dulunya luluh lantak akibat gempa dan tsunami 15 tahun silam, kini berubah menjadi tempat wisata yang saban hari ramai dikunjungi pelancong lokal maupun luar kota bahkan mancanegara.

Salah satu lokasi pantai yang ramai di kunjungi adalah pantai Gampong Jawa, Kota Banda Aceh. Pantai Gampong Jawa menjadi daya tarik pengunjung karena disana wisatawan bisa menyaksikan aktivitas nelayan, salah satunya Tarik Pukat.

Tarik Pukat adalah tradisi penangkapan ikan yang legal dan telah dipraktekkan sejak masa kesultanan Aceh. Sekarang, Tarik Pukat telah dikembangkan Pemko Banda Aceh menjadi daya tarik Kota Gemilang. Saban sore, sepanjang pantai Ule Lheu - Gampong Jawa tak pernah sepi pengunjung yang datang.

Kegiatan ini berlangsung di sore hari. Di sana, pengunjung bisa melihat sejumlah nelayan yang sedang menarik jaring pukat ke darat. Aktivitas unik ini mengundang pengunjung mengeluarkan smartphone-nya untuk mengabadikan momen tarik pukat tersebut.

Bagi Anda yang membawa keluarga, tak perlu khawatir jika ingin berenang di pantai tersebut. Pengunjung dapat melepas anak-anaknya berenang di bibir pantai namun tetap dengan pengawasan orang tuanya.

Selain menjadi daya tarik, ikan hasil tarik pukat juga langsung di jual di pinggir pantai oleh nelayan. Pengunjung dapat langsung membeli berbagai jenis ikan yang di dapat dan tentunya masih segar. Aktivitas tarik pukat di pantai Gampong Jawa juga menjadi objek pecinta fotografi.

Di sana para fotografer berduyun-duyun mengabadikan momen para nelayan yang tengah menarik pukat. Salah satu pengunjung pantai Gampong Jawa, Mufti Tamren mengaku, kegiatan tarik pukat menjadi daya tarik pengunjung yang berwisata ke pantai tersebut.

“Selain itu juga kami bisa menyaksikan sunset. Ini bisa menjadi daya tarik pengunjung, juga tarik pukat sangat keren dijadikan objek foto lanskap. Kita bisa melihat tarik pukat sambil menyaksikan matahari terbenam,” ungkapnya.

Pantai Gampong Jawa berada di Kecamatan Kuta Raja, Kota Banda Aceh, Aceh. Jarak tempuh dari pusat Kota Banda Aceh menuju Pantai Gampong Jawa bisa ditempuh selama 15 menit perjalanan dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Pengunjung bisa melawati jalan Pantai Ule Lheu atau Gampong Keudah untuk menuju ke pusat aktivitas tarik pukat. Jika bertandang ke Aceh, khususnya Kota Banda Aceh, jangan lupa berwisata ke Pantai Gampong Jawa.

Di sana, Anda tak perlu risau soal jajanan. Di sepanjang jalan Ule Lheu - Gampong Jawa banyak terdapat penjual jajanan ringan maupun kopi yang bisa Anda nikmati sambil menunggu sunset tenggelam dipeluk bumi.

Ayo melancong ke Aceh!!!

Tulisan Kiriman: Fakhrur Razi

Baca Juga

Rekomendasi