Haruskah Suntik Insulin Pada Penderita Diabetes Tipe-1?

Haruskah Suntik Insulin Pada Penderita Diabetes Tipe-1?
llustrasi (Pixabay)

Analisadaily.com, - Diabetes Tipe-1 adalah tingginya kadar gula atau glukosa dalam darah yang menyebabkan imun sistem tubuh manusia menyerang pankreas.

Sel tubuh yang menjadi kebal dan tidak responsif terhadap insulin menyebabkan Diabetes Tipe-1 kurang atau tidak sama sekali memproduksi insulin. Akibatnya penderita Diabetes Tipe-1 membutuhkan insulin dari luar dengan cara suntik insulin.

Diabetes Tipe-1 lebih jarang ditemukan dari pada Diabetes Tipe-2. Penderita Diabetes Tipe-1 tubuhnya tidak dapat mengolah glukosa menjadi energi karena tidak adanya produksi insulin pada tubuh. Hal ini menjadi dasar mengapa perlu asupan insulin dari luar atau suntik insulin.

Suntik insulin adalah jenis obat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan insulin yang dibutuhkan oleh penderita diabetes. Insulin merupakan hormon yang bertugas membantu mengolah gula yang telah diserap tubuh agar menjadi energi. Insulin juga berperan dalam menyimpan cadangan energi yang dapat digunakan jika suatu saat dibutuhkan oleh tubuh.

Bagi penderita diabetes suntik insulin menjadi salah satu alat bantu untuk menurunkan kadar gula darah. Suntik insulin satu-satunya cara untuk menjaga agar gula darah tetap normal tanpa adanya operasi atau pembedahan.

Suntik insulin dibutuhkan jika pankreas atau penghasil insulin pada tubuh tidak berfungsi atau memproduksi dengan jumlah yang kurang, maka diperlukan tambahan insulin dengan cara disuntikkan kedalam tubuh sesuai dengan kebutuhan.

Cara kerja suntik insulin sama dengan insulin alami, yaitu membuat gula dapat diserap oleh sel dan dipecah menjadi energi.

Suntik insulin pada penderita Diabetes Tipe-1 berbeda-beda tergantung kondisi yang dialami.

"Waktu saya divonis terkena Diabetes Tipe-1, saya bingung karena saya tidak tahu tentang menangani ini dan kenapa saya harus suntik insulin setiap harinya. Down kondisi saat itu karena takut, tapi setelah dijalani saya mengerti dan nyaman asal dilakukan dengan benar dan di bawah pengawasan dokter. Sekarang saya kuat dan stabil," kata Rara, seorang penderita Diabetes Tipe-1 dengan empat suntikan insulin setiap harinya.

Jika penderita Diabetes Tipe-1 tidak menggunakan insulin tambahan atau suntik insulin, maka akan berdampak buruk sebab gula akan banyak menumpuk di aliran darah yang berisiko mengakibatkan stroke atau serangan jantung. Inilah alasan pentingnya insulin tambahan atau suntik insulin bagi penderita Diabetes Tipe-1.

Berita kiriman dari: Aliya Chairani

Baca Juga