Peringati Hari Diabetes Nasional, Diabetasol Gelar Berbagai Kegiatan di Medan

Peringati Hari Diabetes Nasional, Diabetasol Gelar Berbagai Kegiatan di Medan
Branch Head Diabetasol Cabang Medan, Sekti Aji Wibowo (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dalam rangka memperingati Hari Diabetes Nasional di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), pada 29 Juli 2023, Diabetasol menggelar berbagai kegiatan dengan bertema ‘Edukasi Pentingnya Nutrisi dalam 5 Pilar Tatalaksana Diabetes untuk Hidup yang Berkualitas’.

Branch Head Diabetasol Cabang Medan, Sekti Aji Wibowo mengatakan, kegiatan dilaksanakan di Lapangan Citra Garden, Medan Baru, Kota Medan. Dimulai dengan talkshow edukasi mengenai terapi farmakologis dan nutrisi, kemudian aktivitas fisik seperti senam, pengecekan gula darah rutin, hingga konsultasi gratis dengan health expert.

“Ada dua pembicara dalam talkshow yakni dr. Mardianto, SpPD-KEMD, FINASIM yang memaparkan edukasi tentang 5 pilar tatalaksana diabetes untuk hidup yang berkualitas,” kata Aji, Kamis (14/7).

Selanjutnya, akan ada Cooking Demo Smoothies Diabetasol, Hasan Basri, dengan topik tentang edukasi pentingnya nutrisi diabetes untuk membantu mengontrol gula darah.

Aji menyebut, diestimasikan ada 500 peserta yang hadir dalam acara. Peserta masih bisa mendaftar hingga 27 Juli 2023 sejak dibuka 27 Juni. Diabetasol mengajak masyarakat untuk menghadiri peringatan Hari Diabetes Nasional supaya mengetahui jelas tentang diabetes sekaligus meraih keberuntungan dari berbagai hadiah yang akan diberikan pada setiap lomba.

"Iya, seperti Lomba Senam Kreasi Diabetasol dan Lomba Kreasi Menu Diabetasol dengan mengambil 3 juara terbaik berhadiah total hadiah jutaan Rupiah," terangnya.

Ada juga doorprize undian untuk peserta Hari Diabetes Nasional. Peringatan Hari Diabetes Nasional digelar Diabetasol untuk memberi edukasi pentingnya menjaga kesehatan agar tidak terkena diabetes.

“Data menunjukkan 90 persen penyandang diabetes di Indonesia disebabkan oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat, seperti mengkonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat serta kurang aktivitas fisik. Diabetes tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikontrol gula darahnya sehingga tidak terjadi komplikasi," tetangnya.

Perlu juga mengkonsumsi Diabetasol karena merupakan nutrisi pengganti makan yang lengkap dan seimbang, sesuai dengan kebutuhan penderita diabetes. Dilengkapi dengan vita digest, kombinasi karbohidrat kompleks lepas lambat dan tinggi serat untuk bantu kenyang lebih lama dan gula darah lebih terkontrol. Tinggi kalsium dan tinggi vitamin C, E, dan sumber zink untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

"Berdasarkan data 2019, penderita diabetes di Sumut ada 249.519 dengan sekitar 2,4 persen dari populasi usia produktif dan lanjut usia. Ayo ikuti acara Hari Diabetes Nasional biar semakin memahami tentang diabetes, pencegahan dan penanganan," pungkasnya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi