Kemenag Sumatera Utara Hadiri Regular Policy Forum

Kemenag Sumatera Utara Hadiri Regular Policy Forum
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Iwan Zulhami mengikuti Regular Policy Forum 'Penguatan Kebijakan Kerukunan Umat Beragama', Rabu (29/1) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Iwan Zulhami, mengikuti Regular Policy Forum 'Penguatan Kebijakan Kerukunan Umat Beragama' yang digelar Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama Republik Indonesia di Jakarta, Rabu (29/1).

Iwan mengatakan, kegiatan ini untuk penguatan kerukunan umat beragama di Indonesia. Dalam forum ini akan membahas hasil riset Puslitbang tentang indeks kerukunan umat beragama di Indonesia.

"Kita mengapresiasi pertemuan ini karena mengetahui landasan, cara kerja dan hasil dari penelitian indeks kerukunan umat beragama. Sumut berada posisi 10 dan berada diatas indeks nasional. Ke depan kita harapkan bisa lebih baik lagi," kata Iwan.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof. Dr. Nur Kholis Setiawan. Dalam amanahnya, ia harap forum ini sebagai pembelajaran sudah sejauh mana indikator kerukunan beragama.

"Hasilnya nanti akan kami jadikan acuan untuk tugas kerja ke depan bersama FKUB sebagai lembaga yang fokus dalam lingkup kerukunan beragama," terang Nur Kholis.

Menurutnya, kerukunan agama adalah pondasi bagi terciptanya keamanan dan kenyaman masyarakat dalam menjalankan ibadahnya masing-masing.

"Balitbang semestinya tidak hanya melihat indeks kerukunan semata tetapi juga mestinya melihat peta konfliknya juga. Karena itu, kerukunan umat beragama terletak pada tawaddhu (rendah hati) masing masing pemeluk agama," tambahnya.

(JW/CSP)

Baca Juga