Rektor Unimed Imbau Siswa yang Eligible Segera Mendaftar SNMPTN

Rektor Unimed Imbau Siswa yang Eligible Segera Mendaftar SNMPTN
Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Syamsul Gultom (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan – Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Syamsul Gultom menghimbau agar siswa SMA sederajat yang telah dinyatakan eligible atau berhak setelah dilakukan pemeringkatan oleh sekolah, dapat segera mulai mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

“Jangan sampai mendaftar di akhir-akhir masa pendaftaran, karena pengalaman setiap tahunnya, jika banyak siswa mendaftar di akhir masa pendaftaran akan mengalami gangguan dari sisi jaringan. Kami imbau agar siswa bijak dalam menggunakan waktu pendaftaran di awal-awal sekarang,” ucap Syamsul, Jumat (14/2).

Diungkapkan Syamsul, proses pendaftaran telah dilakukan beberapa tahapan. Dari pendaftaran akun siswa dan sekolah pada 2 Desember 2019 sampai dengan 7 Februari 2020, kemudian tahapan pengisian Pangkalan Data Sekolah Siswa (PDSS) oleh sekolah pada 13 Januari hingga 6 Februari 2020, dan tahapan pemeringkatan siswa oleh sekolah pada 13 Januari hinga 6 Februari 2020.

“Sekarang ini kita masuk tahapan pendaftaran untuk jalur SNMPTN, yaitu 14 hingga 27 Februari 2020. Sedangkan tahap akhir yaitu pengumuman yang akan disampaikan pada 4 April 2020,” ungkapnya.

Bagi siswa yang akan memilih Prodi Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang disahkan oleh kepala sekolah, dengan menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.

“Kami berharap siswa SMA sederajat di Sumatera Utara dapat segera mendaftar SNMPTN di awal-awal masa pendaftaran. Kami doakan semoga dapat lulus di Prodi dan PTN yang diminati,” ujarnya.

Sesuai dengan jadwal yang telah diinformasikan sebelumnya, proses Penerimaan Mahasiswa Baru PTN saat ini sudah sampai pada tahapan masa Pendaftaran SNMPTN 2020.

Jadwal pendaftaran SNMPTN dimulai tanggal 14 Februari pukul 14.00 WIB sampai dengan 27 Februari 2020 pukul 23.59 WIB. Siswa dimohon memperhatikan kerangka waktu pendaftaran SNMPTN tersebut.

Tahapan pendaftaran SNMPTN adalah, sebagai berikut:

  1. Siswa melakukan login melalui Portal LTMPT di laman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan Akun LTMPT yang telah dibuat sebelumnya.
  2. Siswa memilih menu pendaftaran SNMPTN.
  3. Siswa mengisi pilihan PTN dan pilihan program studi. Pilihan paling banyak 2 program studi, dengan alternatif pemilihan: (a) memilih 2 progam studi dalam 1 PTN, (b) memilih masingmasing 1 program studi dari 2 PTN, dan (c) memilih hanya 1 program studi pada 1 PTN.
  4. Siswa yang memilih program studi seni dan olahraga harus mengunggah dokumen portofolio sesuai program studi pilihannya. Template portofolio tersedia di laman Pendaftaran SNMPTN.
  5. Siswa dapat mengunggah dokumen prestasi tambahan yang dimiliki.
  6. Siswa melengkapi isian data diri, identitas orang tua, dan data ekonomi keluarga.
  7. Siswa mengisi data ketunaan (bila diperlukan).
  8. Siswa menyetujui Pernyataan Keikutsertaan SNMPTN dengan memberi tanda centang (√) pada kolom yang tersedia.
  9. Siswa melakukan Finalisasi Pendaftaran dan dilanjutkan dengan mencetak Kartu Tanda Peserta sebagai bukti Peserta SNMPTN 2020. Setelah Finalisasi dan Cetak Kartu, Siswa tidak bisa melakukan perubahan data dengan alasan apa pun.

Pendaftaran dinyatakan selesai setelah siswa melakukan pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN. Siswa yang tidak melakukan pencetakan Kartu Tanda Peserta, dianggap tidak menyelesaikan pendaftaran dan tidak diikutsertakan pada SNMPTN 2020.

Baca Juga

Rekomendasi