BPBD Sumut Gandeng Banyak Pihak Bersihkan Sungai Deli

BPBD Sumut Gandeng Banyak Pihak Bersihkan Sungai Deli
BPBD Sumut dan sejumlah pihak membersihkan Sungai Deli, Selasa (18/2) (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Dalam rangka mitigasi bencana banjir di Kota Medan, Forum Zakat (FOZ) Wilayah Sumatera Utara bersama beberapa lembaga seperti Dompet Dhuafa Waspada, BSMI, PKPU, Rumah Zakat, IZI dan Daarul Tauhid turut serta dalam kegiatan Ayo Bersih Sungai Deli yang diinisiasi BPBD Sumatera Utara bekerjasama dengan BPBD Kota Medan, TNI dan Polri serta masyarakat setempat, Selasa (18/2).

Dalam kegiatan itu, sebanyak 18 titik pembagian tugas dan tanggungjawab penyisiran daerah sungai dibagi mulai dari Jalan Avros hingga jembatan Jalan Perdana Medan sejauh 5,4 Km.

Tim Dompet Dhuafa Waspada turut menurunkan satu unit perahu untuk menyisir sungai sambil membersihkan sampah.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada, Sulaiman, mengatakan pihaknya turut serta dalam kegiatan ini sebagai bentuk persuasi kepada masyarakat agar peduli kebersihan sungai.

Sementara Kepala BPBD Sumut, Riadil Akhir Lubis, menjelaskan kegiatan bersih sungai ini rutin dilaksanakan pihaknya dengan tujuan untuk mitigasi bencana banjir di Kota Medan dan sekitarnya.

BPBD Sumut dan sejumlah pihak membersihkan Sungai Deli, Selasa (18/2)
"BPBD Provsu bekerjsama dengan BPBD Kota Medan, serta berbagai pihak lainnya termasuk masyarakat telah rutin melakukan kegiatan bersih sungai sebagai bentuk komitmen kita bersama antara pemerintah, relawan dan masyarakat untuk mengurangi risiko terjadinya banjir," jelasnya.

Riadil berharap agar kegiatan positif ini dapat terus ditingkatkan ke depannya, serta peran masyarakat diharapkan turut mendukung dengan cara senantiasa menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dan tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi