Menikmati Senja di Pantai Alue Naga

Menikmati Senja di Pantai Alue Naga
Senja di Pantai Alue Naga (Analisadaily/Fakhrurrazi)

Analisadaily.com, Aceh - Melepaskan penat dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan berlibur ke pantai. Menikmati alam sambil melihat matahari terbenam, bisa membuat pikiran menjadi tenang.

Banda Aceh memang dikenal memiliki berbagai tempat wisata menarik yang wajib untuk dikunjungi. Daerah yang juga berbatasan langsung dengan Samudra Hindia ini menawarkan deretan pantai-pantai eksotis.

Salah satu dari deretan pantai tersebut adalah Pantai Alue Naga yang menjadi tempat wisata popular bagi masyarakat setempat untuk melepas penat sambil menyaksikan matahari terbenam.

Saat bencana Gempa dan Tsunami 15 tahun silam melanda Aceh, pantai ini tak luput dari air bah. Salah satu bukti dahsyatnya tsunami di pantai ini adalah tiang pancang jembatan penghubung Gampong Alue Naga dan Gampong Tibang masih kokoh berdiri dialiran pantai.

Wsiatawan di Pantai Alue Naga (Analisadaily/Fakhrurrazi)
Secara geografis, Pantai Alue Naga terletak di Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Pantai ini menjadi daya tarik pengunjung dan sangat populer dikalangan anak muda.

Apalagi sangat dekat dengan pusat Kota Banda Aceh, pantai ini menjadi rujukan pelancong yang ingin menghabiskan waktu libur atau menikmati sunset tanpa merogoh kocek yang dalam.

Pantai Alue Naga sendiri memiliki ciri khas yang berbeda dengan pantai-pantai lain yang ada di Aceh. Jika pantai lain biasanya memiliki pasir putih bersih, berbeda dengan Pantai Alue Naga yang memiliki pasir kecokelatan sehingga menambah kesan eksotis.

Pantai yang memiliki ombak tinggi ini bisa ditempuh dengan jarak 10 km dari pusat Kota Banda Aceh dengan kendaraan roda empat.

Wsiatawan di Pantai Alue Naga (Analisadaily/Fakhrurrazi)
Akses menuju ke tempat wisata yang satu ini cukup bagus, kiri dan kanan kita bisa melihat hempasan lautan dan tambak ikan milik warga setempat, tak heran lokasi ini juga cocok di jadikan spot bagi pecinta fotografi.

Bila berkunjung kesana anda cukup membayar uang parkir mobil Rp 5.000 dan kendaraan roda dua Rp 3.000. Pengunjung juga bisa menikmati kuliner yang disediakan pedagang setempat tentu dengan harga yang bersahabat. Menikmati santapan dengan pemandangan laut lepas.

Salah satu pengunjung yang datang dengan keluarga, Ira Supriana, mengungkapkan keindahan Pantai Alue Naga, sehingga menjadi lokasi pilihan akhir pekan bersama keluarga, selain itu juga pantai tersebut dekat dengan rumahnya.

Wsiatawan di Pantai Alue Naga (Analisadaily/Fakhrurrazi)
“Ya, bagus pantainya. Bawa anak-anak mandi amanlah di sini. Liburan akhir pekan cocok lah di Pantai Alue Naga, karena dekat juga dari rumah, makanya pilih kemari aja,” katanya, Sabtu (22/2) kemarin.

Bagi pengunjung yang baru pertama berwisata ke Pantai Alue Naga, tak usah khawatir. Di sana banyak warga dan pengunjung lain yang bisa kita peroleh informasi. Selain itu juga dilokasi wisata tersebut juga disediakan toilet umum atau ruang bersalin/ganti baju.

Saban sore pantai ini tak pernah sepi, apalagi disepanjangan sisi jalan menuju Pantai Alue Naga banyak pengunjung yang berswafoto, menikmati kuliner, atau mengabadikan foto matahari terbenam hingga pengunjung yang sengaja datang hanya untuk berolah raga dan jogging di sana.

Berita kiriman dari: Fakhrurrazi

Baca Juga