Pemkab Simalungun Usulkan Tuan Rondahaim Jadi Pahlawan Nasional

Pemkab Simalungun Usulkan Tuan Rondahaim Jadi Pahlawan Nasional
Bupati Simalungun JR Saragih berziarah ke makam Tuan Rondahaim (Analisadaily/Franscius Simanjuntak)

Analisadaily.com, Pematang Raya - Pemerintah Kabupaten Simalungun mengusulkan pejuang Tuan Rondahaim Saragih Raja Raya XIV sebagai pahlawan nasional kepada Gubernur Sumatera Utara.

Usulan tersebut sudah berlangsung cukup lama, bahkan sudah sampai ke Kementerian Sosial. Namun usulan ini masih mengalami kendala dalam hal pengumpulan data-data.

Bupati Simalungun, JR Saragih, melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Simalungun, Mixnon Simamora mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk kelengkapan data. Menurutnya kendala utama adalah data-data tentang Tuan Rondahaim Saragih.

"Kekurangan data perjuangan Tuan Rondahaim. Data-data yang belum terlengkapi. Ada tuan Rondahaim berjuang di tempat A belum kita masukkan," kata Mixnon, Kamis (27/2).

Untuk memperkuat data, Mixnon menyebut pihaknya akan menggelar seminar dengan pakar sejarah dan budaya Simalungun di Universitas Sumatera Utara (USU) tanggal 3 Maret 2020.

Setelah pertemuan itu, sambungnya, pengusul akan melaporkan kepada Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, dan dilanjutkan ke Kementerian Sosial.

"Dalam seminar itu nanti akan bertemu pakar sejarah dan tokoh-tokoh budaya Simalungun. Setelah dari situ ke Gubernur kembali dan ke Menteri Sosial," jelasnya.

Mixnon menjelaskan seminar di USU bisa berdampak lebih luas. Karena sebelumnya pengusul hanya membuat seminar di Pamatang Raya, Kabupaten Simalungun. Pemkab Simalungun juga secara bertahap akan membangun tugu Tuan Rondahaim Saragih di Simalungun.

Pengusulan ini mendapat dukungan dari elemen masyarakat Simalungun. Ketua GP Ansor Simalungun, Dwi Agus Santoso, dalam surat tertulis juga memberikan dukungan.

"Untuk ini dapat kami jelaskan bahwa Tuan Rondahaim Saragih memiliki semangat juang yang tidak kenal menyerah. Hal ini ditanamkan kepada prajurit dan panglima perangnya dan beliau mampu mengorganisir ribuan prajuritnya untuk bertempur melawan pasukan Belanda sampai ke Sumatera Timur. Terkait dengan hal tersebut, kami GP Ansor sangat mendukung pengusulan ini," ujarnya.

Tuan Rondahaim Saragih Raja Raya XIV
Seperti diketahui, Tuan Rondahaim Saragih lahir pada tahun 1885. Tuan Rondahaim adalah raja yang memerintah di Kerajaan Raya, Simalungun.

Kerajaan Raya menjadi satu-satunya kerajaan di Simalungun yang tak pernah berhasil dikuasai Belanda. Hal itu dikarenakan sikap Tuan Rondahaim yang tidak mau tunduk terhadap penjajah.

Tuan Rondahaim wafat pada 1891 dan dimakamkan di Pamatang Raya, Kabupaten Simalungun.

(FHS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi