Skill Competition Diharap Meningkatkan Kompetensi

Skill Competition Diharap Meningkatkan Kompetensi
Pemadam Kebakaran terlihat sedang menunjukkan kemampuan untuk memadamkan api, Sabtu (29/2) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Yogyakarta – Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran ke-101 tahun, Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan skill competition untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki para petugas damkar diberbagai daerah di Indonesia.

Staf Khusus Mendagri, Kastorius Sinaga mengatakan, skill competition di Stadion Sultan Agung, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, digelar selama tiga hari, 27-29 Februari 2020.

Kata dia, diikuti 49 kabupaten/kota, yang melombakan beberapa kompetisi, yakni kemampuan bertahan (survival), ketangkasan menggunakan tangga (ladder pitching) dan ketangkasan menggelar selang dan menyemprot (hose laying).

Sekretaris Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Nugroho menyampaikan, di samping kompetensi, pelaksanaan ini juga diharapkan mampu meningkatkan kapasitas aparatur Damkar mendukung pelayanan kepada masyarakat.

“Selain itu skill competition diharapkan dapat memupuk jiwa korsa, semangat juang, dan profesionalitas aparat damkar. Menguji keterampilan dan pengetahuan petugas sekaligus sebagai wahana evaluasi dalam peningkatan kapasitas sumber daya pemadam," kata Nugroho dalam sambutannya, Sabtu (29/2).

Direktur Manajemen penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kementerian Dalam Negeri, Safrizal mengutarakan, ajang uji skill yang memang sangat dibutuhkan setiap petugas damkar, bahkan ke depannya para pemenang akan dinominasikan untuk ikut uji skill di luar negeri.

"Meskipun kompetisi, tapi kami mengharapkan agar dalam pelaksanaannya pemadam kebakaran mempererat tali persaudaraan silaturahmi antar sesama petugas se-indonesia," ujar Safrizal di tempat terpisah.

Dalam kesempatan itu pula diberikan penghargaan kepada petugas pemadam kebakaran atas pengabdiannya dalam upaya memberikan perlindungan dan penyelamatan masyarakat beserta aset nasional/daerah dari bahaya kebakaran meskipun berisiko tinggi bahkan mempertaruhkan nyawa.

Dalam keterangan persnya, Kastorius menambahkan, pada puncak acaraMenteri Dalam Negeri. Tito Karnavian, direncanakan menjadi inspektur upacara.

Acara akan dirangkai dengan launching Relawan Damkar Indonesia (Redkar) dan akan dimeriahkan dengan water dance yang akan dipancarkan oleh mobil damkar.

Diusianya ke-101 tahun, Kastorius berharap, agar satuan damkar di seluruh Indonesia benar-benar profesional dan responsif menjadi ujung tombak pelayanan dasar penyelamatan masyarakat dari bahaya kebakaran.

“Saya meminta agar seluruh aparat yang bertugas di satuan damkar seluruh Indonesia untuk benar-benar melayani dan memegang teguh motto heroiknya ‘Pantang Pulang Sebelum Api Padam’," tutur Kastorius.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi