Kematian Pertama di Amerika Serikat

Gedung Putih Perketat Pengawasan ke Negara Terdampak Corona

Gedung Putih Perketat Pengawasan ke Negara Terdampak Corona
Presiden AS, Donald Trump (Reuters)

Analisadaily.com, Washington - Amerika Serikat memperketat pengawasan terhadap warganya yang akan melakukan perjalanan ke negara-negara terdampak virus corona (Covid-19).

Hari Sabtu (29/1) kemarin Gedung Putih mengeluarkan larangan bepergian ke Iran serta meningkatkan peringatan terhadap orang-orang yang hendak melakukan perjalanan ke Korea Selatan dan Italia.

Langkah ini diambil menyusul tewasnya seorang pria di negara bagian Washington. Ini merupakan kematian pertama di Negeri Paman Sam akibat virus corona.

Menurut Departemen Kesehatan Masyarakat King County, pria berusia 50-an itu tidak memiliki riwayat perjalanan ke wilayah terdampak corona.

Sementara sakit pernapasan telah mulai menyebar luas di Amerika. Tiga kasus telah dikonfirmasi dalam beberapa hari terakhir di California, Washington dan Oregon tanpa diketahui kontak dengan pasien yang terinfeksi atau bepergian ke tempat-tempat yang terkena virus corona.

Saat ini ada 68 kasus corona di Amerika Serikat, termasuk 47 orang yang dipulangkan dari Wuhan, Cina, dan kapal pesiar Diamond Princess.

"Kemungkinan ada kasus tambahan di AS, tetapi individu yang sehat harus dapat pulih sepenuhnya," kata Presiden Donald Trump, dilansir dari StraitTimes, Minggu (1/3).

Namun Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), Robert Redfield, meyakini risiko corona di negaranya masih tergolong rendah.

Sebab itu ia mengimbau masyarakat agar tidak khawatir melalukan perjalanan ke wilayah-wilayah yang sudah terdampak seperti California, Oregon dan Washington.

"Orang Amerika, terlepas dari tempat mereka tinggal di negara ini, berisiko rendah," ujar Robert.

"Saya mendorong orang Amerika untuk menjalani kehidupan mereka. Itu termasuk perjalanan ke California, Oregon, dan negara bagian Washington," sambungnya.

Editor:  Eka Azwin Lubis

Baca Juga

Rekomendasi