Waspada, Akun Facebook Palsu Mengatasnamakan Plt Gubernur Aceh

Waspada, Akun Facebook Palsu Mengatasnamakan Plt Gubernur Aceh
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Seluruh masyarakat Aceh, khususnya pengguna media sosial (medsos) maupun yang menggunakan telepon pintar (smartphone) yang terinstal ke aplikasi massager dan WhatsApp diimbau agar berhati-hati.

Pasalnya, pesan via messenger Facebook mengatasnamakan Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, tersebar ke sejumlah pengguna media sosial.

Akun Facebook palsu Plt Gubernur Aceh
"Jika menerima pesan messenger atas nama Plt. Gubernur Aceh berarti itu hoax. Abaikan dan bila perlu laporkan ke pihak berwajib," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, di Banda Aceh, Rabu (4/3).

Iswanto menerangkan, sebuah pesan dari aplikasi messenger Facebook mengaku sebagai Nova Iriansyah. Akun itu memakai foto Nova sebagai profilnya. Padahal Nova sudah lama tidak mengaktifkan akun Facebook-nya.

Akun Facebook palsu Plt Gubernur Aceh
"Pak Nova sudah lama sekali tidak menggunakan akun Facebook maupun aplikasi massager. Ini murni penipuan," tegas Iswanto lagi.

Karenanya, Iswanto meminta semua pihak agar waspada dan tidak mudah terkecoh dengan beredarnya akun abal-abal tersebut. Langkah yang harus dilakukan adalah segera blokir akun pengirim pesan tersebut.

Modus penipuan melalui akun Facebook yang mengatasnamakan Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, juga pernah terjadi pada pertengahan 2018 lalu. Saat itu masyarakat tak mudah terkecoh dan mengabaikan pesan-pesan yang disampaikan melalui akun tersebut.

"Pak Nova sudah lama tak memiliki akun Facebook dan bila menerima pesan messenger yang mengatasnamakan beliau berarti penipuan," tegas Iswanto.

(MHD/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi