Jemput Realisasi Investasi, Plt Gubernur Aceh Temui Menteri Energi dan Industri UEA

Jemput Realisasi Investasi, Plt Gubernur Aceh Temui Menteri Energi dan Industri UEA
Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah didampingi Dubes Indonesia untuk UEA, Husin Bagis melakukan pertemuan dengan Menteri Energi dan Industri UEA, Suhail Mohamed Faraj Al Mazrouei (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah berkunjung ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), 7 - 10 Maret 2020, guna membicarakan realisasi komitmen investasi UEA di Aceh, terutama bidang pariwisata, properti, pembangunan infrastruktur dan energi.

"Pertemuan ini menjadi satu langkah penting mewujudkan realisasi investasi seperti yang telah dibicarakan antara UAE dan Presiden Jokowi, beberapa waktu lalu," kata Nova Iriansyah di Abu, Minggu (8/3).

Turut mendampingi Plt. Gubernur Aceh dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Aulia Sofyan, dan Staf Khusus Gubernur Aceh, Iskandar, serta salah satu direktur PT Pertamina Gas (Pertagas).

Di Abu Dhabi, Nova melakukan pertemuan kehormatan bersama Menteri Energi dan Industri UEA, Suhail Mohamed Faraj Al Mazrouei, untuk membahas perkembangan lanjutan komitmen investasi UEA ke Aceh.

Nova didampingi langsung Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk UEA, Husin Bagis. Di antara yang dibahas adalah pencapaian investasi Abu Dhabi di Aceh, seperti Mubadala Petroleum yang sudah melakukan investasi minyak di wilayah Selat Malaka (Andaman I dan II) dan Indonesia umumnya.

"Targetnya mereka akan investasi dalam pengembangan proyek yang sudah ada dan dilaksanakan BUMN seperti pengembangan produksi dan refineri gas dan pengembangan Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) serta pengembangan Pelabuhan Sabang," kata Nova.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh, Aulia Sofyan mengatakan, sebelum berangkat Ke UAE, Plt Gubernur Aceh disebutkan sudah melaporkan kepada Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Agama, Fachrul Razi tentang rencana jemput bola investasi.

"Guna memberikan gambaran lebih lanjut mengenai prospek investasi di Aceh, Pak Nova Iriansyah beserta delegasi akan melakukan pertemuan khusus dengan Sheikh Hameed Al Nahyan, Direktur Manajer Badan Pengelola Dana Investasi Kerajaan, Abu Dhabi Investment Authority (ADIA)" kata Sofyan.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi