Di Tengah Ancaman Virus Corona

Jumlah Penumpang Kereta Api di Sumut Masih Normal

Jumlah Penumpang Kereta Api di Sumut Masih Normal
Calon penumpang kereta api mencuci tangan di Stasiun Medan (Analisadaily/Reza Perdana)

Analisadaily.com, Medan - Jumlah masyarakat yang menggunakan jasa kereta api di Sumatera Utara masih normal di tengah kekhawatiran penyebaran virus corona (Covid-19).

Meski demikian, setiap calon penumpang yang hendak menaiki kereta api diarahkan petugas PT KAI Divre I Sumut agar menggunakan hand sanitizer.

Kemudian sebelum masuk gerbong kereta, calon penumpang diperiksa terlebih dahulu suhu tubuhnya menggunakan alat thermometer infra red. Bahkan manajemen PT KAI Divre I Sumut juga melakukan pencucian terhadap gerbong-gerbong kereta.

PT KAI Divre I Sumut mengimbau kepada masyarakat yang hendak menggunakan kereta api sebagai jasa transportasi agar lebih berhati-hati, karena virus corona saat ini sudah berkembang sampai ke mana saja. Kalau ditemukan calon penumpang dengan suhu tubuh di atas normal, petugas kereta api akan melaporkan kepada petugas yang siap siaga di Pos Kesehatan.

"Guna mengantisipasi penyebaran virus, diimbau untuk seluruh masyarakat bila menemukan penumpang atau pekerja yang terindikasi terpapar virus, agar segera menghubungi langsung petugas PT KAI Divre I Sumut di lokasi," kata Vice President PT KAI Divre I Sumut, Daniel Johannes Hutabarat di Medan, Sabtu (14/3).

PT KAI Divre I Sumut juga mengimbau kepada penumpang yang akan menggunakan layanan kereta api jarak jauh menengah dan lokal agar menjaga kebersihan tangan secara rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung, dan mata setelah memegang instalasi publik.

Mencuci tangan dengan air dan sabun cair serta bilas setidaknya 20 detik, cuci dengan air dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai dan jika tidak ada fasilitas cuci tangan dapat menggunakan hand sanitizer alkohol 70-80%.

"Menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin atau batuk. Ketika memiliki gejala infeksi saluran napas, di antaranya seperti batuk, bersin, demam, sesak napas agar menggunakan masker dan berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan," sebut Daniel.

Kemudian, diimbau untuk tidak mengusap mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan. Melakukan pengobatan dan istirahat apabila sakit, serta menjaga kesehatan dengan berolahraga, mengonsumsi buah, sayur, dan makanan bergizi.

Pencegahan penyebaran virus corona Covid-19 dilakukan PT KAI Divre I Sumut tidak hanya kepada calon penumpang, juga dilakukan bagi pekerja di Divre I Sumut yang berjumlah sekitar 1.560 orang.

"Di samping diberikan sosialisasi terkait pengenalan virus corona juga diberitahukan beberapa rumah sakit rujukan apabila ada pekerja yang terindikasi suspect corona," tandasnya.

(RZD/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi