UNBK SMK di Sumut Tetap Berjalan, Edy: Kalau Diliburkan, Nanti Repot

UNBK SMK di Sumut Tetap Berjalan, Edy: Kalau Diliburkan, Nanti Repot
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, meninjau pelaksanaan UNBK di SMK Negeri 7 Medan, Senin (16/3) (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK di Sumatera Utara (Sumut) tetap berlangsung meski wabah virus corona COVID-19 mulai merebak di wilayah Indonesia. Bahkan, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, belum meliburkan sekolah terkait virus corona.

Edy mengatakan, hingga kini kondisi di Sumut masih aman, meski terus meningkatkan kewaspadaan. Hal ini menjadi alasan pihaknya hingga kini belum memutuskan meliburkan sekolah di Sumut.

"Nanti kalau sudah meningkat wabahnya, sudah membahayakan kondisi di sekolahan, baru kita ambil langkahnya," kata Edy saat meninjau pelaksanaan UN di SMK Negeri 7 Medan, Senin (16/3).

Menurut Edy, jika sekolah diliburkan justru lebih mengkhawatirkan. Anak sekolah malah mengisi libur dengan berjalan-jalan ke mal.

"Karena risikonya, kita meliburkan anak murid dengan kondisi saat ini di Sumut, nanti bisa jalan-jalan mereka semua. Namanya anak sekolah. Bisa masuk mal, malah repot nanti," jelasnya.

Edy berpesan, pihak sekolah tetap memantau kesehatan peserta ujian. Pihak sekolah juga diminta untuk tetap waspada dan melakukan segala upaya pencegahan penyebaran virus corona di sekolah.

Pelaksanaan UNBK di SMK Negeri 7 Medan diikuti 619 siswa. Sebelum melaksanakan ujian, pihak sekolah menyiapkan cairan sanitasi atau pencuci tangan untuk mencegah penyebaran corona.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi