Cegah COVID-19, KAI Divre I Sumut Lakukan Disinfeksi

Cegah COVID-19, KAI Divre I Sumut Lakukan Disinfeksi
KAI Divre I Sumut lakukan disinfeksi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumut melakukan penyemprotan cairan disinfektan (disinfeksi) ke seluruh gerbong kereta. Penyemprotan dilakukan sebagai langkah untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19.

Vice President PT KAI Divre I Sumut, Daniel Johannes Hutabarat mengatakan, penyemprotan disinfektan tersebut tidak hanya dilakukan untuk rangkaian gerbong kereta saja, tetapi juga seluruh lokasi yang ada di stasiun.

"Tidak hanya di Divre I Sumut saja, penyemprotan disinfektan juga dilakukan di seluruh wilayah kerja kita," ujarnya, Senin (16/3/2020).

Manajemen PT KAI Divre I Sumut jauh hari lalu telah melakukan beberapa langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona CIVID-19, seperti pembagian masker kepada penumpang, menyediakan hand sanitizer serta menyediakan wastafel portabel.

"Saat ini juga rutin menyemprotkan disinfektan," jelasnya.

Manajemen KAI Divre I Sumut juga rutin melakukan sosialisasi kepada penumpang seperti membagikan brosur tentang cara pencegahan virus corona COVID-19, agar masyarakat lebih mengetahui tentang virus tersebut.

Pencegahan penyebaran virus dilakukan KAI Divre I Sumut tidak hanya dilakukan di bagian dalam gerbong kereta, tetapi juga mengecek suhu penumpang. Hal ini sudah diterapkan baik di Stasiun Medan, Stasiun KA Bandara Medan dan Stasiun KA Bandara Kualanamu.

"Jika ada penumpang suhu tubuhnya 38 derajat celcius atau lebih, kita melarang penumpang melanjutkan perjalanan dan bea tiket penumpang tersebut akan dikembalikan secara penuh," tuturnya.

Apabila pada saat proses boarding terdapat penumpang yang bersuhu tubuh melebihi 38 derajat, maka penumpang tersebut dilarang melakukan perjalanan dengan kereta api. Tiket penumpang tersebut akan dikembalikan penuh.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi