Cegah Penyebaran COVID-19, Pemkab Paluta Sterilkan Tempat Umum

Cegah Penyebaran COVID-19, Pemkab Paluta Sterilkan Tempat Umum
Pemkab Paluta sterilisasi tempat umum (Analisadaily/Tohong P Harahap)

Analisadaily.com, Padanglawas Utara - Untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19 di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Pemerintah Kabuoaten mulai melakukan sterilisasi di semua titik.

Termasuk di antaranya bagi para peserta Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Paluta tahun 2021 di Aula hotel Sapadia Gunung Tua, Selasa (17/3).

Pantauan wartawan, sterilisasi diberlakukan bagi setiap peserta yang masuk ke dalam aula kegiatan. Mereka diberi hand sanitizer untuk membersihkan tangannya. peserta juga diberi masker, baik dari undangan, ASN, serta wartawan yang seluruhnya diwajibkan memakai masker lengkap.

Sterilisasi dilakukan sejumlah pihak. Mulai petugas hotel, BNPB, Dinkes setempat yang digelar mulai pukul 08.30 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Tujuannya, memastikan dalam kondisi bersih.

Petugas BNPB Paluta yang enggan namanya disebutkan berjaga melayani pembagian masker kepada peserta dengan ramah, dan memberikan masker kepada seluruh peserta yang datang.

Sterilisasi dilakukan untuk pencegahan dini terhadap penyebaran virus corona yang kian luas. Sebab, Covid-19 ditetapkan sebagai bencana karena mengancam dan mengganggu aktivitas kehidupan dan penghidupan masyarakat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Paluta, Khairul Harahap, yang ditunjuk sebagai leading sektor penanganan percepatan pencegahan dan penanganan virus corona COVID-19 menyebutkan, sebagai langkah awal pihaknya tetap mengacu kepada arahan-arahan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.

"Presiden sudah mengeluarkan arahan melalui Kepala BNPB, kemudian Gubernur sudah mengeluarkan instruksi, hal-hal itulah yang kita tetapkan di daerah," ucapnya.

Khairul mengaku, sebelumnya pihak Pemkab sudah melakukan pencegahan dini melalui Dinas Kesehatan, RSUD dan Dinas Perhubungan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk rajin mencuci tangan dan menggunakan masker.

Senada disampaikan oleh Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Paluta, dr Sri Prihatin. Selain memberikan edukasi, pihaknya juga akan memberikan imbauan kepada masyarakat terkait penanganan virus Covid-19.

Direktur RSUD Gunung Tua, dr Anita Safrida Lubis mengatakan, saat ini RSUD Gunung Tua sudah menyiapkan ruangan isolasi apabila ada warga yang terindikasi virus COVID-19 tersebut.

Informasi yang diperoleh dari Tim Terpadu Percepatan, Penanganan dan Pencegahan virus COVID-19 Paluta, hingga saat ini tidak ada warga Paluta yang positif atau terjangkit virus corona dan yang masuk dalam kategori orang dalam pengawasan (ODP).

(ONG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi