Bila Alami Gejala Mirip Flu, Segera Konsultasi ke Fasilitas Kesehatan

Bila Alami Gejala Mirip Flu, Segera Konsultasi ke Fasilitas Kesehatan
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara, Aris Yudhariansyah (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Masyarakat diminta proaktif menggunakan fasilitas kesehatan untuk berkonsultasi bila ditemukan gejala yang mirip influenza sehingga dapat segera terdeteksi jika terpapar virus corona (Covid-19) untuk dilakukan penanganan selanjutnya.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara, Aris Yudhariansyah, saat memberi keterangan pers di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Kamis (26/3).

"Kami berharap masyarakat memahami betul tentang penyakit ini, sehingga kemudian tidak perlu ada kepanikan. Bila dirinya tidak enak badan dengan gejala-gejala yang mirip dengan influenza, maka kita berharap mereka segera mengakses fasilitas layanan kesehatan untuk berkonsultasi," ucap Aris.

Menurutnya, dengan berkonsultasi akan mendapat informasi yang benar. Diharapkan masyarakat bisa mengambil langkah yang benar dan tepat pula tanpa ada kepanikan. Apabila sudah mampu melakukan ini, upaya selanjutnya adalah karantina diri.

"Ini penting ketika kita mengalami gejala seperti influenza. Maka yang perlu dilakukan pertama kali adalah yakinkan bahwa kita tidak akan menyebarkan penyakit ini ke orang lain. Oleh karena itu, gunakan masker dan tinggal di rumah," jelasnya.

Aris juga mengimbau pada masyarakat untuk tetap melakukan social distancing atau menjaga jarak dengan anggota keluarga yang lain. "Bisa saja kita batuk dan bersin mengenai barang-barang yang ada di rumah, kemudian tidak sengaja disentuh orang lain maka orang lain tersebut akan terinfeksi," imbaunya.

Aris menjelaskan bahwa hal ini penting karena apabila Covid-19 menyerang kelompok usia muda yang kondisi fisiknya bagus, status imunnya baik, mungkin akan memberikan gejala yang ringan bahkan tidak memberikan gejala apapun.

"Tetapi ingat bahwa dia membawa virus. Apabila kemudian tidak melakukan isolasi diri dengan baik, bisa saja saudara kita, orang tua kita yang daya tahan tubuhnya lemah, yang sejak awal sudah menderita penyakit-penyakit kronis, maka kelompok-kelompok ini lah yang akan menjadi kelompok yang sangat rentan," jelasnya.

Disampaikan juga tentang perkembangan kasus Covid-19 di Sumut, yaitu positif sembilan orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 71 orang, sembuh tiga orang dan orang dalam pemantauan (ODP) 3080 orang.

Sementara call center Covid-19 yang dapat diakses masyarakat yakni media center: 0852 -6131 7122 dan call center: 0821 6490 2482 serta call center di setiap kabupaten/kota.

(JW/EAL)

Baca Juga