Molnupiravir dan Paxlovid Antivirus Baru untuk Covid-19 

Molnupiravir dan Paxlovid Antivirus Baru untuk Covid-19 
Ilustrasi (Pixabay)

Analisadaily.com, Jakarta - Molnupiravir dan kombinasi Nirmatrelvir/Ritonavir (Paxlovid) kini digunakan Indonesia sebagai obat antivirus baru untuk Covid-19. Kedua obat ini menjadi pilihan selain dari penggunaan antivirus Remdesivir dan Favipiravir.

Dilansir dari Liputan6.com, Rabu (9/2), Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Erlina Burhan mengatakan, Molnupiravir dan Paxlovid sudah masuk dalam Buku Pedoman Tatalaksana COVID-19 Edisi 4 yang baru saja terbit Januari 2022.

Buku pedoman tersebut disusun 5 organisasi profesi di Indonesia, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Perhimpunan Dokter Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (PERDATIN), dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

"Ada beberapa obat antivirus yang baru, Molnupiravir dan juga kombinasi Nirmatrelvir dengan Ritonavir (atau yang disebut Paxlovid). Kami tambahkan di dalam buku Tatalaksana COVID-19 Edisi ke-4," kata Erlina saat Konferensi Pers dan Launching Buku Pedoman Tatalaksana COVID-19 Edisi 4, Rabu (9/2).

"Jadi, di buku pedoman tatalaksana yang baru ada 4 obat antivirus, antara lain Favipiravir, Molnupiravir, Paxlovid, dan Remdesivir," sambungnya.

Ketua Umum PDPI Agus Dwi Susanto menambahkan, Molnupiravir dan Paxlovid sudah masuk dalam paket obat Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Hal tersebut sudah direkomendasikan dengan 5 organisasi profesi.

"Sekarang kita pakai obat antivirus baru, Molnupiravir dan Paxlovid. Ini sudah masuk dalam paket dari Kemenkes. Sudah sesuai rekomendasi organisasi profesi. Untuk gejala ringan dan sedang, terutama risiko perburukan," tambahnya.

Pada Buku Pedoman Tatalaksana COVID-19 Edisi 4, disebutkan saat ini terdapat 2 obat antivirus yang baru sebagai pilihan sesuai indikasi dan ketersediaan, Molnupiravirdan Nirmatrelvir/Ritonavir (Paxlovid). Kedua obat ini sudah dipakai sebagai obat antivirus untuk Covid-19 di berbagai negara.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi