Antisipasi Penyebaran COVID-19, Empat Warga Langkat Dikarantina

Antisipasi Penyebaran COVID-19, Empat Warga Langkat Dikarantina
Juru Bicara Satgas Gugus Percepatan Pencegahan COVID-19 Kabupaten Langkat, dr M. Arifin Sinaga (Analisadaily/Hery Putra Ginting)

Analisadaily.com, Stabat - Guna mengantisipasi penyebaran dan pencegahan virus corona COVID-19, Satgas Gugus Percepatan Pencegahan COVID-19 Kabupaten Langkat mengkarantina empat warga di gedung PKK Langkat, Stabat.

“Empat orang warga yakni berasal dari Kecamatan Sawit Seberang, Tanjung Pura dan Kecamatan Secanggang yang dikarantina di gedung PKK Stabat,” ujar Juru Bicara Satgas Gugus Percepatan Pencegahan COVID-19 Kabupaten Langkat, dr M. Arifin Sinaga, kepada Analisadaily.com, di Stabat, Sabtu (28/3).

Dijelaskannya, ada masuk dua lagi untuk dikarantina yang datang dari Jakarta dan Malaysia. Nantinya, selama 14 hari ke depan mereka berada dan dikarantina gedung PKK Langkat.

Sehari sebelumnya, ada dua warga Secanggang yang baru kembali dari luar kota menggunakan pesawat terbang pada Kamis (26/3), dia ataranya ada yang baru pulang dari Provinsi Bangka Belitung dan dari Kota Tangerang.

“Hasil pemeriksaan awal, terhadap keduanya tidak ditemukan gejala yang mengarah pada ODP, namun SOP-nya harus tetap dilakukan karantina, untuk menghindari kemungkinan terburuk,” ujarnya.

Jika nanti dalam 14 hari menjalani karantina kondisinya tetap dalam keadaan sehat, mereka baru dibolehkan untuk kembali pulang. Namun jika ditemukan gejala ODP, akan langsung diisolasi di rumah sakit rujukan terdekat yakni RSU Putri Bidadari.

Untuk petugas karantina terdiri dari dua orang tenaga kesehatan, satu orang petugas BPBD, satu orang petugas Tagana dan satu orang Polisi. Jadi total petugas ada enam orang, yang berjaga selama 24 jam menggunakan sip secara bergiliran, dengan dua dokter yang selalu standby.

Fasilitas di gedung PKK ini meyediakan tempat tidur, kamar mandi serta makan tiga kali sehari, dan rencananya nanti juga akan dilengkapi TV dan Wi-Fi dari Diskominfo untuk yang dikarantina.

(HPG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi