Cegah Penyebaran COVID-19, Sejumlah Mal di Medan dan Binjai Tutup Sementara

Cegah Penyebaran COVID-19, Sejumlah Mal di Medan dan Binjai Tutup Sementara
Sun Plaza Medan (Anaisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Guna mengikuti imbauan dari Pemerintah Indonesia untuk mengurangi mobilitas massa dengan jumlah besar, sejumlah pusat perbelanjaan atau mal di Medan dan Binjai tutup sementara. Namun, para pekerja tidak dilakukan Pemutusan Hubungan ‎Kerja (PHK) hanya di rumahkan sementara sampai waktu ditentukan.

Marcomm Manager Plaza Medan Fair, Lenny Yun Manalu mengatakan, penutupan jam beroperasi Plaza Medan Fair sejak 1 hingga 14 April 2020 dan kembali buka pada 15 April 2020.

"Untuk mendukung imbauan Pemerintah Indonesia dan juga imbauan pemerintah daerah Provinsi Sumatera Utara, Lippo Malls Indonesia (grup dari Plaza Medan Fair) mengambil langkah dengan menutup sementara," katanya, Selasa (31/3).

Lenny menjelaskan, penutupan ‎sementara operasional mal, Lippo Malls berharap dapat mengurangi mobilitas warga dan melindungi masyarakat dari dampak COVID-19 yang semakin meningkat secara nasional, dan sebagai bentuk tanggungjawab Lippo Malls Indonesia untuk membantu pemerintah dan juga rumah sakit untuk memperlambat penyebaran virus.

"Penutupan ini juga sejalan dengan imbauan pemerintah pusat untuk bekerja dari rumah dan menjaga jarak, serta kebijakan beberapa pemerintah daerah untuk melakukan penutupan kantor-kantor dan beberapa bidang usaha," jelasnya.

Menurur Lenny, untuk tenant yang menjual kebutuhan sehari-hari seperti supermarket, bank, apotek, dan restoran tertentu yang menyediakan jasa pesan antar akan tetap beroperasional melayani masyarakat mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB, pada hari Senin hingga Minggu.

"Kami berdoa dan tetap berpikir positif situasi akan membaik, sehingga kami dapat beroperasi normal kembali untuk melayani masyarakat. Kami yakin Indonesia dapat melewati masa sulit ini. Bersama kita bersatu lawan COVID-19," ucapnya.

Sementara itu, Sun Plaza ‎yang berada di Jalan Zainul Arifin, Medan, juga menutup sementara aktivitas mal sejak 1 hingga 14 April 2020 dan dibuka kembali pada 15 April 2020.

"Untuk tenant yang menjual kebutuhan sehari-hari seperti supermarket, bank, apotek, dan, restoran tertentu yang menyediakan jasa pesan antar tetap beroperasi melayani masyarakat, seperti Hypermarket pukul 11.00 sampai 20.00 untuk weekday, dan pukul 11.00 sampai 21.00 saat weekend. Sedangkan bank, apotek dan restorant tertentu pada pukul 11.00 sampai 18.00 saat all day," terang Marcomm Manager Sun Plaza, Yokie.

Binjai Super Mall‎ juga menutup jam opersionalnya sejak 31 Maret 2020 hingga 13 April 2020. Marketing Communication Manager Binjai Supermall, Diniasih Nasution mengatakan, ada sejumlah tenant tetap buka dan melayani masyarakat.

‎"Adapun beberapa tenant yang tetap buka demi memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar yaitu, Hypermart, Guardian, Watsons, Bank BJB, Bank Mandiri," ungkap Diniasih.

Begitu juga untuk tenant Food and Beverages yang beroperasi hanya melayani pesanan jasa antar atau online delivery service dan take away, seperti Richeese Factory, Kopi Kenangan, Chatime, Es Teler 77 dan Kopi Janji Jiwa.

"‎Mari kita bersama saling mencegah penyebaran COVID-19 dan menjaga kesehatan bagi diri sendiri dan orang lain," tandas Diniasih.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi